Salin Artikel

16 Peziarah Tersesat di Gunung Gede Pangrango, Lupa Jalan Pulang

Setelah dilakukan pencarian, tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi 16 pendaki yang tersesat itu pada Senin (29/1/2024) siang.

Kapolsek Ciawi Kompol Agus Hidayat mengungkapkan, para pendaki tersebut tak bisa menemukan jalan awal saat kembali turun gunung.

Menurut Agus, 16 pendaki ini merupakan para peziarah lokal yang mau mencari mustika di Curug Jambe yang ada di kawasan Gunung Gede Pangrango.

"Betul, total ada 16 pendaki (tersesat), rinciannya 13 dewasa dan 3 anak-anak. Mereka tersesat setelah melaksanakan ziarah ketempat yang mereka anggap keramat di kulah 2 dan Curug Jambe," kata Agus sewaktu dihubungi Kompas.com, Senin. 

"Mereka tersesat karena lupa arah jalan pulang," imbuh Agus.

Agus menjelaskan, 16 pendaki tersebut sudah berhasil ditemukan dalam kondisi selamat.

Mereka awalnya melakukan pendakian melalui jalur Kulah Dua, Cibedug, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, pada Sabtu (27/1/2024) sore.

 "Awalnya 13 orang memulai pendakian pada pukul 16.00 WIB, dengan rute melalui Kulah Dua. Mereka ziarah ke petilasan mau mencari mustika di Curug Jambe," ujarnya.


Agus menuturkan, 16 orang ini terpisah menjadi dua rombongan. Sebanyak 10 orang di antaranya telah mencapai puncak, sedangkan enam orang lainnya terpisah dalam rombongan tersebut.

Kedua rombongan ini pun akhirnya tersesat di tengah hutan menjelang malam hari. 

Memasuki Minggu dini hari sekitar pukul 03.00 WIB, salah satu korban tersesat atas nama Ade Bagja (47) melaporkan kepada anaknya bahwa rombongan peziarah tersesat di kawasan Gunung Pangrango.

Keesokan malamnya pukul 23.00 WIB, sang anak bernama Bintang Fitrah baru melaporkan tentang rombongan yang hilang atau tersesat.

Pelapor mengatakan, Sabtu (27/1/2024) pukul 16.00 WIB korban telah meninggalkan rumah untuk pergi berziarah ke petilasan di Gunung Gede Pangrango.

Tidak lama setelah itu, sang ayah mengabarkan bahwa rombongan peziarah tersesat.

"Korban merupakan Jemaah Majelis Buni Kasih pimpinan Mama Indra dengan tujuan memburu mustika di Curug Jambe," ucap Agus.

Dari laporan tersebut, petugas langsung berkoordinasi untuk segera mencari 16 pendaki tersebut.

Tim gabungan langsung melakukan pencarian dan berupaya menemukan serta menyelamatkan warga yang belum kembali.

Kini, mereka akhirnya berhasil ditemukan dengan selamat di Pasir Pogor atau berjarak kurang lebih 4 kilometer dari pos sekuriti.

"Mereka langsung dievakuasi untuk mendapatkan perawatan medis," ungkapnya.

Saat ini para pendaki sudah dalam penanganan tim medis dan akan dipulangkan ke rumah sesuai alamat masing-masing.

https://bandung.kompas.com/read/2024/01/29/190306678/16-peziarah-tersesat-di-gunung-gede-pangrango-lupa-jalan-pulang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke