Salin Artikel

Relawan Bale Amin Optimistis Gaet Eks Pemilih Prabowo di Jawa Barat

Direktur Relawan Bale AMIN, Maman Imanulhaq memperkirakan jumlah swing voters di Jawa Barat mencapai 30 persen, dan mayoritasnya adalah eks pemilih Prabowo Subianto pada Pilpres 2019.

"Ada sekitar 30 persen yang belum menentukan pilihan," kata Maman saat ditemui di Hotel Golden Flower, Kota Bandung, Selasa (30/1/2024).

"Mereka bilang masih bingung, tahun 2019 pendukung Prabowo, tapi lihat Prabowo dalam debat tidak menunjukkan asumsi mereka yang tegas, mengayomi, dan sebagainya, lalu di benak mereka ada pertanyaan."

Selanjutnya, karena kedekatan emosional dengan partai-partai dan simpul relawan pendukung Prabowo di tahun 2019, paling potensial eks pemilih Prabowo akan lebih memilih Anies Baswedan ketimbang Ganjar Pranowo.

"Prabowo hari ini sudah ada di Anies, Anies keras, tegas, humble, dekat dengan tokoh agama, dan itu yang menjadikan mereka (eks pendukung Prabowo) gamang. Nah, kita yakinkan hari ini," ungkap dia.

Maman mengaku sudah memperhitungkan daerah-daerah lumbung suara untuk Prabowo Subianto di Jawa Barat pada Pilpres 2019 lalu. Besar kemungkinan, ceruk itu bisa dikuasai oleh pasangan Anies-Muhaimin.

"Lumbung yang dulu dikuasai oleh Prabowo itu jadi lumbung Anies, misalnya Majalengka, ke selatan ada Garut, Tasikmalaya, Ciamis. Kegamangan itu terasa di cekungan yang lumayan banyak," imbuhnya.

Tidak hanya yang berada di sekitar Priangan timur atau bagian timur Jawa Barat, daerah-daerah pinggiran Jakarta yang dulunya pendukung Prabowo Subianto, kata dia, juga berpotensi untuk diambil pasangan ini.

"Kita ingin mengeruk banyak suara di Bogor karena di Jawa Barat di sana paling besar. Cianjur, Sukabumi, Bogor, Bekasi, Bandung kita arahkan relawan ke sana," tutur dia.

https://bandung.kompas.com/read/2024/01/30/230514378/relawan-bale-amin-optimistis-gaet-eks-pemilih-prabowo-di-jawa-barat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke