Salin Artikel

Mensos Risma Tak Ada di Pembagian Bansos, Airlangga Sebut Tak Terkait Politik

KARAWANG, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto menanggapi singkat soal Menteri Sosial Tri Rismaharini yang disebut tak diajak saat bagi-bagi bantuan sosial (bansos).

Diketahui, Mensos Risma tak ada saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) membagikan bansos. Begitupun saat Airlangga hingga Menkeu Sri Mulyani mengumumkan pemerintah akan membagikan bantuan langsung tunai (BLT) 2024, Risma tak terlihat. 

"Kalo anggaran bansos seluruhnya ada di Bu Risma jadi tidak (bukan tidak diajak), posnya itu di Kementerian Sosial. Jadi tidak ada perubahan," kata Airlangga usai acara konsolidasi relawan Serikat Pekerja Nusantara di Gedung Bintang Maruli, Karawang, Jawa Barat, Rabu (31/1/2024).

Airlangga juga membantah jika bansos dikaitkan dengan politik. Sebab, bansos sudah dibagikan pemerintah sejak pandemi covid-19.

"Jadi bansos itu tidak terkait dengan kaum politik, karena kalau kita lihat di masyarakat, masyarakat sangat membutuhkan," tutur Airlangga.

Apalagi, el nino masih berdampak hingga saat ini, di mana panen diprediksi akan mundur selama dua bulan. Selain itu, secara internasional harga komoditas pangan meningkat.

"Kemudian ada larangan ekspor dari India dan berbagai negara lain. Sehingga tentu kita harus mengambil langkah dan salah satu langkah adalah melanjutkan pemberian bansos," kata Airlangga.

Sehingga, menurutnya bantuan sosial baik berupa beras maupun bantuan langsung tunai sangat diperlukan masyarakat tidak mampu.

"Jadi kita tidak ingin dengan adanya agenda politik, bantuan itu terputus," pungkas dia.

https://bandung.kompas.com/read/2024/01/31/205706978/mensos-risma-tak-ada-di-pembagian-bansos-airlangga-sebut-tak-terkait-politik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke