Salin Artikel

Di Balik Video Viral Resepsi Pernikahan Unik 2 Pasangan Kembar di Bandung

BANDUNG, KOMPAS.com - Video resepsi pernikahan dua pasangan pengantin kembar viral di media sosial. Video tersebut diunggah akun TikTok @hilmanhmzh_.

Dalam video tersebut diperlihatkan, dua pasangan pengantin kembar itu tengah berdiri di atas pelaminan untuk menerima tamu. Ada pula video yang memperlihatkan kekompakan kedua pasangan saat menggelar resepsi.

Kedua pasangan pengantin kembar itu yakni Sona Kurniawan (24) dan Deva Fauziah (23), serta pasangan Soni Kurniadi (24) dan Devi Fauziany (23).

Kompas.com menemukannya di Kampung Palasari, Desa Cikalong, Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Kedua pasangan tersebut tak menyangka, video resepsi pernikahan mereka bisa viral dan dianggap sebagai pasangan pengantin yang unik.

"Enggak nyangka sih, di luar nalar aja, enggak tahu bakal se-viral itu, lagian enggak ada niat buat viral cuma memang punya niatan nikah bareng," kata Deva, ditemui Kamis (1/2/2024).

Deva membenarkan, baik teman dan tetangga banyak yang tak menyangka jika masing-masing dari mereka memiliki saudara kembar.

"Sama pengen tahu awal ceritanya, kakak sama kakak, adik sama adik, kita aja enggak tahu ya ngejalanin aja. Respons warga mah pada kaget, apalagi pas masuk TV, pada kaget," ungkap dia.

"Kalau Keluarga mah sudah tahu punya pacar yang sama punya saudara kembar," lanjut dia.

Gelar Resepsi Bersama

Ternyata, kedua pasangan tersebut sudah merencanakan melakukan acara resepsi pernikahan bersamaan.

Sona, suami dari Deva mengatakan, konsep resepsi bersamaan sudah direncanakan sejak awal. Walaupun Sona dan Devi memutuskan menggelar akad terlebih dahulu, baru resepsi berbarengan. 

Acara Akad nikah Sona dan Devi, digelar pada 23 Desember 2023 lalu, acara tersebut digelar dikediaman tepatnya di Cibaduyut, Kota Bandung, Jawa Barat.

"Resepsi memang bareng cuma akadnya doang yang beda. Jadi saya duluan akadnya, tapi tanpa resepsi," ujar Sona.

Selang satu tahun kemudian, kata Sona, baru adiknya Soni dan Devi menggelar pernikahan pada 21 Januari 2024 kemarin.

"Biar irit biaya, menghemat sih intinya mah. Nah pas di resepsi adik itu kita resepsi bareng, dan ternyata viral," kata Sona.

Awal Bertemu

Deva menjelaskan awal mula, kedua pasangan kembar tersebut bertemu hingga memutuskan menikah.

Saat itu, kata Deva, ia dan adiknya (Devi) diajak oleh Sona untuk hikking ke salah satu gunung di wilayah Pangalengan.

"Jadi awal ketemu itu Saya, Devi dan Sona, belum ngelibatin adiknya Sona itu tahun 2019 pas mau naik gunung di Pangalengan," tuturnya.

Sepulang naik gunung, Deva dan Sona akhirnya memutuskan untuk berpacaran.

"Jadi aku sama Sona pacaran dulu, waktu naik gunung di awal itu, aku sama adik aku enggak tahun kalau Sona itu punya saudara kembar juga," jelas Deva.

Deva menuturkan kisah cinta sang adik Devi dengan Soni pun terjadi di tahun yang sama.

Pertemua keduanya, terjadi pada saat acara buka puasa bersama.

"Satu waktu ada acara buka bersama dia (Sona) bawa adiknya Soni, dari situ saya tahu kalau Sona itu punya kembaran, awalnya saya enggak tahu dia punya kembaran. Dari situ juga saya enggak tahu kalau Soni juga mendekati adik saya Devi. Enggak tahu aja mereka juga ternyata chatingan,"ungkapnya.

Belakangan, Deva baru mengetahui jika sang adik juga memiliki hubungan spesial dengan Soni.

"Kita pacaran kurang lebih 3 tahun, kalau nyadar kalau adik kita saling deket itu enggak lama dari acara yang buka bersama itu, pas lebaran lah, jadi ulah saling tahu. Ternyata mereka juga pacaran," bebernya.

Deva mengungkapkan, jika menggelar acara respsi bersama tidak hanya tercetus dari mereka, namun kedua orang tua mereka juga mengizinkan kedua pasangan kembar itu untuk melakukan acara resepsi bersama.

"Awalnya mah tahun kemarin, perkenalan sama orang tua awalan, langsung seminggu kemudian nentuin tanggal, momennya pas karena enggak boleh bareng ya dalam satu tahun adik kakak nikah, orang tua bilang ini momen yang pas bulan Desember," kata Deva.

Awalnya, lanjut Deva, masing-masing pasangan sudah menentukan tanggal pernikahan.

"Jadi kita udah punya tanggal sendiri-sendiri, awalnya. Setelah berembuk dengan keluarga baru lah dapet persetujuan akhirnya ya sudah bareng. Mereka (Soni-Devi) nyebut tanggal berapa, kita nyebut tanggal berapa. Paling ya udah respsinya bareng aja, tapi akad yang dibedain. Jadi kita akad aja, nah Soni-Devi akad dan resepsi tapi di barengin gitu respsinya," tuturnya.

Kerap Jadi Perhatian Publik

Kedua pasangan tersebut mewajarkan jika resepsi pernikahan mereka viral di media sosial.

Berdasarkan pengalaman mereka, kedua pasangan itu kerap menjadi perhatian publik saat masa berpacaran dulu.

Hal itu dibenarkan Devi, ia menyebut, saat masa pacaran mereka kerap pergi kencan bersama.

"Sering, soalnya dari kita pihak perempuan kalau satu pergi, orang tua mewajibkan satu lagi juga ikut, dan harus, biar ada cemburu," ujar Devi.

Apalagi, kata Devi, saat mereka bepergian ke tempat wisata atau Mall untuk membeli pakaian, tak sedikit yang bertanya hubungan mereka.

"iyah, kalau main dulu suka di lihatin orang. Pertama main ke Pangalengan pada ngeliatin, jadi enggak nyangka sama mungkin, pada nyangkanya kita berempat itu adik kakak bukan pacaran. Terus beli baju ke Mall juga pada nyangkanya adik kakak bukan pacaran," beber Devi.

Devi membenarkan jika pertemuan dia dengan sang Suami Soni terjadi di tahun 2019.

Ia mengaku tak menyadari jika suami dari kakaknya itu memilik saudara kembar.

"Enggak awalnya saya enggak tahun kalau Sona itu punya kembaran, terus Soni ini dulu punya pacar, aku tahunya dia (soni) punya pacar, tahu-tahu ngedeketin dan chatingan. Bisa di bilang gitu, karena dan saling sadarnya pas acara Bukber dan lebaran 2019," kata Devi.

Meski resepi pernikahan keduanya sempat ramai di sosial media. Namun keduanya enggan menjadikan kehidupan sehari-hari nya sebagai konten.

Soni suami dari Devi mengaku, video rekaman saat resepsi bukan disengaja, melainkan diambil oleh salah seorang sahabat mereka.

"Kalau ngonten sih sejalannya aja, cuma kalau saya pribadi sama kakak saya soal media sosial kurang paham, soalnya yang kemarin viral juga bukan dari kita, terus yang setting video juga kita enggak tahu harus bagaimana, jadi ya sejalannya aja," tutup Soni.

https://bandung.kompas.com/read/2024/02/01/151104378/di-balik-video-viral-resepsi-pernikahan-unik-2-pasangan-kembar-di-bandung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke