Salin Artikel

Motor-motor Jatuh Diterjang Air Luapan Drainase Jalur Cirebon-Kuningan

Pengendara tidak dapat menahan beban motor yang diterjang aliran deras air luapan drainase dari bagian hulu. Kondisi ini sempat membuat arus lalu lintas dua arah tersendat.

Sebuah video amatir tersebar di jejaring grup WhatsApp kebencanaan di Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Cirebon.

Video ini memperlihatkan sejumlah sepeda motor berhenti di tengah jalan raya utama Cirebon-Kuningan, yang berada di tengah tengah banjir.

Pengendara sepeda motor tak dapat melintas karena diterjang derasnya aliran air. Bahkan beberapa di antara mereka berjatuhan.

Sontak warga sekitar berusaha memberikan bantuan. Kondisi ini membuat arus lalulintas di dua arah, yakni Cirebon menuju Kuningan dan sebaliknya, tersendat beberapa saat.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kuningan Jawa Barat, Indra Bayu Permana, membenarkan video yang viral tadi terjadi di jalan manis lor.

Indra juga sudah menerjunkan tim untuk melakukan bantuan dan asesmen di lokasi.

Laporan dari lapangan, kata Indra, banjir itu disebabkan tingginya debit air dari bagian hulu di Gunung Ciremai.

Drainase setempat tidak mampu menampung dorongan air yang sangat deras hingga meluap, naik ke jalan utama dan menerjang sejumlah sepeda motor.

"Air dari atas, ada beberapa sumber, mungkin dari solokan solokan masuk drainase, terus ga nampung, meluap dan naik ke jalan utama," kata Indra.

Indra menyebut posisi warga yang merekam video berada di bengkel di seberang titik kejadian, hingga terekam jelas kondisi terjangan air deras.

Indra menyebut kondisi itu tidak berlangsung lama, karena aliran air deras itu terus mengalir tidak membuat genangan yang cukup lama.

Namun hal itu juga membahayakan, sehingga Indra mengimbau agar warga senantiasa waspada dan hati hati saat berkendara dalam kondisi hujan deras.

Indra menyebut intensitas hujan di Kabupaten Kuningan, sejak Januari hingga masuk Februari ini, mengalami peningkatan.

Beberapa laporan peristiwa kebencanaan pun terus ditangani. Termasuk, hujan deras yang berlangsung sejak Kamis siang hingga petang, terjadi secara merata hampir di seluruh wilayah Kabupaten Kuningan.

Indra juga mendapat laporan adanya pohon tumbang yang menimpa warga pada Kamis petang ini.

"Sesuai prediksi BMKG bulan ini puncak hujan, dan sudah dirasakan oleh Kuningan, hari ini hujan rata, laporan dari tim lapangan."

"Peristiwanya banjir di manis lor dan ada pohon tumbang menimpa rumah. Sekarang tim lagi bantu evakuasi," tambah Indra.

Sejauh ini, sambung Indra, tim BPBD selalu melakukan kajian cepat di lapangan untuk menentukan langkah penanganan terbaik.

https://bandung.kompas.com/read/2024/02/01/195729178/motor-motor-jatuh-diterjang-air-luapan-drainase-jalur-cirebon-kuningan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke