Salin Artikel

Kabupaten Bogor Masuk Kategori Wilayah Rawan Bencana pada Pemilu 2024

Penjabat (Pj) Gubernur Jabar, Bey Machmudin mengatakan, wilayah provinsi Jabar termasuk ke dalam wilayah rawan bencana hidrometeorologis pada musim hujan.

Oleh karena itu semua kepala daerah di Jabar diminta untuk melakukan antisipasi menghadapi bencana, terlebih pada hari pencoblosan 14 Februari 2024 nanti.

"Rawan bencana Kabupaten Bogor bedasarkan data. Tapi semua juga harus antisipasi, karena kan jangan sampai lengah karena disebutkan misalnya Kabupaten Bogor. Tapi tetap semuanya harus tetap sama kesiap siagaannya," usai Apel Kesiapsiagaan Bencana pada Masa Pemilu 2024 di Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (2/2/2024).

Menurut dia, antisipasi ini diperlukan, karena berdasarkan prediksi Badan Meteorologi dan Klimatologi (BMKG) puncak musim hujan akan berlangsung pada Februari dan Maret ini.

Bey menyebut, sebanyak 1.800 personel BPBD Jabar disiagakan hingga ke kecamatan-kecamatan di Jabar untuk memantau dan memitugasi bencana pada hari pemungutan suara.

"Untuk personel 1.800 dari BPBD dan relawan, belum dari TNI dan Polri disiagakan," tambahnya.

Selain menyiagakan personel, dia menyebut tenda darurat juga akan di bangun di dekat gudang logistik Pemilu untuk evakuasi.

Kemudian juga, Bey mengatakan petugas medis dari Puskesmas akan berjaga pada hari pencoblosan nanti guna mengantisipasi timbulnya korban seperti pada Pemilu 2019.

"Terkait dengan kesehatan, kita belajar dari Pemilu 2019 Dinas Kesehatan provinsi telah koordinasi sampai tingkat Puskesmas," katanya.

https://bandung.kompas.com/read/2024/02/02/131920178/kabupaten-bogor-masuk-kategori-wilayah-rawan-bencana-pada-pemilu-2024

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke