Salin Artikel

Jalur Lembang Sempat Tertimbun Tebing 15 Meter, Wisatawan Diminta Waspada

BANDUNG BARAT, KOMPAS.com - Jalan Kolonel Masturi, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat, akhirnya bisa dilintasi kendaraan kembali usai tertutup material longsor.

Jalan Raya penghubung Padalarang-Lembang ini tertimbun tanah usai tebing setinggi 15 meter mengalami longsor pada Selasa (6/2/2024) sore.

Meski jalur sudah terbuka, wisatawan yang hendak berlibur pada long weekend di kawasan wisata Lembang diimbau untuk waspada saat melintasi titik longsor.

"Arus lalu lintas sudah kembali normal. Material longsor berhasil dievakuasi tadi malam," ungkap Plt Kepala Pelaksana BPBD KBB, Asep Sehabudin saat dikonfirmasi, Rabu (6/2/2024).

Proses evakuasi cukup menguras keringat lantaran kondisi longsor berdampak pada pohon tumbang dan merusak saluran air.

Akibatnya proses evakuasi melibatkan TNI/Polri serta dibantu petugas Pemadam Kebakaran Bandung Barat sampai benar-benar bisa dilintasi kendaraan.

"Selama evakuasi material longsor, kendaraan sempat dialihkan karena di titik longsor dilakukan penutupan sementara, tapi sekarang sudah dibuka lagi," ucap Asep.

Selanjutnya, BPBD Bandung Barat berkoordinasi kepada Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat untuk penanggulangan pasca-longsor agar tidak terjadi longsor susulan.

"Sudah dikoordinasikan bagiamana penanganannya agar tidak terjadi longsor susulan, jadi saat ini sedang dikaji. Tapi kami sudah mengusulkan agar segara ditangani," sebut Asep.

Dari hasil asesmen, peristiwa longsor itu diduga terjadi akibar saluran air yang berada di tebing tersebut rembes sehingga mengakibatkan kontur tanah di kemiringan itu labil dan bergerak.

"Penyebabnya longsor itu kemungkinan akibat saluran air rembes, jadi tanahnya menjadi labil. Sehingga kami mengimbau masyarakat harus lebih waspada," tandasnya.

https://bandung.kompas.com/read/2024/02/07/161809778/jalur-lembang-sempat-tertimbun-tebing-15-meter-wisatawan-diminta-waspada

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke