Salin Artikel

ASN di Cianjur Terjaring OTT, Ditemukan Amplop Berisi Uang Menangkan Caleg

Informasi yang diperoleh, pelaku ditangkap polisi di kediamannya di Kecamatan Karangtengah, Cianjur, Senin (12/2/2024) malam.

Dari tangan pelaku, diamankan sejumlah uang yang diduga akan digunakan untuk memenangkan salah satu calon anggota legislatif di Kabupaten Cianjur.

Pelaku kemudian dibawa ke Polres Cianjur untuk diserahkan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Cianjur guna pemeriksaan lebih lanjut.

Ketua Divisi Penanganan Pelanggaran, Data, dan Informasi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Cianjur Yana Sopyan menjelaskan, pelaku diamankan berikut barang bukti sejumlah amplop berisi uang dan spesimen atau contoh surat suara atas nama salah satu caleg.

Namun, Yana enggan mengungkap identitas caleg tersebut.

“Informasi yang kami terima sementara ini, itu (caleg) kabupaten,” kata Yana saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (13/2/2024).

Yana mengatakan, Bawaslu Cianjur akan melakukan pemeriksaan secara maraton terkait pelanggaran ini.

Kasus ini juga melibatkan pihak kepolisian dan kejaksaan yang terhimpun dalam Sentra Penegakan Hukum Terpadu atau Gakkumdu.

“Karena penanganan pidana Pemilu ini sangat terbatas, karenanya kita lakukan segera dan menjadi perhatian khusus berkenaan dengan adanya peristiwa ini,” ujar Yana.

https://bandung.kompas.com/read/2024/02/13/080901578/asn-di-cianjur-terjaring-ott-ditemukan-amplop-berisi-uang-menangkan-caleg

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke