Salin Artikel

Pantau Pemungutan Suara, Bawaslu RI: Tak Ada Persoalan yang Tak Bisa Diatasi

CIANJUR, KOMPAS.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI meninjau langsung pelaksanaan pemungutan suara Pemilu 2024 di wilayah Provinsi Jawa Barat pada Rabu (14/2/2024). Salah satu wilayah yang dikunjungi adalah Kabupaten Cianjur.

Anggota Bawaslu RI Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas, Lolly Suhenty mengatakan, sejauh ini kegiatan pemungutan dan penghitungan suara berjalan sebagaimana mestinya.

Pihaknya menemukan sejumlah persoalan, namun masih bisa ditanggulangi. Di antaranya ada pemungutan suara susulan karena situasi banjir serta akibat surat suara yang belum sampai.

“Situasi saat ini sesuai dengan yang diharapkan, artinya tidak ada persoalan yang tidak bisa diatasi saat menyalurkan suara,” kata Lolly kepada Kompas.com di kantor Bawaslu Cianjur, Rabu petang.

Pihaknya juga menemukan perihal kekurangan surat suara di TPS, namun dapat teratasi dengan mengambil dari TPS-TPS terdekat.

“Dalam situasi yang ada hari ini, kita ingin memastikan di Jabar ini berbagai problem-nya bisa diatasi,” ujar dia.

Surat suara tercoblos

Pada kesempatan tersebut, Lolly menyoroti kasus surat suara yang sudah tercoblos di Kabupaten Bogor, sebagaimana video yang tengah viral di media sosial.

“Saat ini sedang dalam penelusuran Bawaslu. Kita menunggu informasi dari lapangan apakah betul memang sudah tercoblos atau ada kesalahan-kesalahan teknis yang terjadi di lapangan,” ujar Lolly.

https://bandung.kompas.com/read/2024/02/15/072713978/pantau-pemungutan-suara-bawaslu-ri-tak-ada-persoalan-yang-tak-bisa-diatasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke