Salin Artikel

Lahan untuk Tol Cigatas Tengah Dibebaskan, Bandung-Garut Cuma 30 Menit

"Terus memonitor, ada beberapa ruas jalan juga masih, katanya sedang diselesaikan, dan mudah-mudahan cepat selesai," kata Penjabat Bupati Garut, Barnas Adjidin, Senin (19/2/2024).

Barnas Adjidin berharap pembangunan jalan tol bisa secepatnya rampung, agar masyarakat bisa menikmati infrastruktur yang mempercepat arus mobilisasi dari Garut ke Bandung.

"Pembangunannya bisa segera dilakukan dengan cepat, masyarakat akan terbantu untuk transportasi baik untuk ke Garut, ke Tasik, ke Pangandaran," kata Barnas Adjidin.

"Nanti Bandung-Garut akan setengah jam, orang mencari rekreasi akan datang ke Garut," kata Barnas Adjidin.

Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Garut yang juga sebagai Ketua Pelaksana Pengadaan Tanah Tol wilayah Garut, Muhamad Rahman juga memberi penjelasannya.

Dia mengatakan, proses pembebasan lahan di Kabupaten Garut pada termin pertama ada di empat kecamatan, yakni Kadungora, Leles, Leuwigoong, dan Banyuresmi. Di kawasan tersebut terdapat 17 desa.

Ia menyebut, sampai saat ini pembebasan lahan masih berlangsung untuk pembayaran uang ganti rugi bagi masyarakat yang lahannya terdampak.

Muhamad Rahman menyebutkan sudah ada delapan desa yang warganya telah menerima dana ganti kerugian.

Delapan desa tersebut adalah Desa Karangmulya, Mandalasari, dan Hegarsari di Kecamatan Kadungora.

Kemudian Desa Leles, dan Kandangmukti di Kecamatan Leles, lalu Desa Tambaksari, dan Desa Margacinta di Kecamatan Leuwigoong, dan Desa Sukamukti di Kecamatan Banyuresmi.

https://bandung.kompas.com/read/2024/02/19/163321378/lahan-untuk-tol-cigatas-tengah-dibebaskan-bandung-garut-cuma-30-menit

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke