Salin Artikel

Warga di Pangandaran Ngamuk: Tiap Ada Bansos, Tak Pernah Dapat

PANGANDARAN, KOMPAS.com - Seorang warga di Desa Karangsari, Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, mengamuk karena tidak mendapatkan bantuan sosial (bansos).

Warga bernama Yoyo (47) ini mengamuk di kantor desa setelah mengetahui tidak kebagian bantuan berupa beras dari pemerintah. Selain kondisi harga beras yang mahal, ia kecewa karena selama ini tidak pernah mendapatkan bantuan apapun dari pemerintah.

"Saya marah karena merasa dianaktirikan. Setiap ada bansos, tidak pernah dapat," ujar Yoyo dikutip dari Tribun Jabar, Jumay (23/2/2024).

Sebelumnya, ia pernah menemui satu perangkat desa mendaftarkan diri sebagai penerima bansos dengan membawa sejumlah persyaratan.

"Tapi, sampai sekarang tidak pernah dapat. Terus, buat apa saya ngumpulin poto copy KK (kartu keluarga) sama KTP? Apa buat bungkus gorengan?" ucapnya.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinsos PMD) Kabupaten Pangandaran, Dedi Surachman mengatakan, bantuan beras tersebut bersumber dari Pemerintah Pusat melalui program Dinas Kelautan Perikanan dan Ketahanan Pangan.

"Dinsos tidak dilibatkan. Kita, hanya monitoring dalam pendistribusiannya," ujar Dedi melalui seluler tidak lama ini.

Meski tidak terlibat, pihaknya sudah menindaklanjuti warga yang mengamuk tersebut melalui pemerintah Desa bersangkutan.

Informasi yang dia peroleh, warga tersebut sudah dimasukan ke data pengganti. Bahkan sudah diberikan beras 2 karung untuk periode Januari dan Februari.

"Nantinya juga, orang tersebut akan dapat bantuan beras untuk beberapa bulan ke depan," ucapnya.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Warga Pangandaran Jabar Mengamuk Karena Tidak Kebagian Bansos: Saya Merasa Dianaktirikan

https://bandung.kompas.com/read/2024/02/23/173345178/warga-di-pangandaran-ngamuk-tiap-ada-bansos-tak-pernah-dapat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke