Salin Artikel

Balai Kota Bandung Kebakaran, Ruang ATCS Mengeluarkan Asap

Kepala Bagian Umum Pemkot Bandung, Syukur Sabar mengatakan, api sempat menyala di langit-langit ATCS.

"Apinya di plafon, tidak sampai ke bawah ruangan," kata Syukur saat ditemui di Balai Kota Bandung, Senin sore.

Syukur menambahkan, meski tiga unit mobil pemadam kebakaran sempat datang ke lokasi kejadian, namun api sudah terlebih dahulu padam oleh Alat Pemadam Api Ringan (APAR).

"Padamnya sama sekuriti pakai APAR. Kemudian petugas datang untuk pengecekan memastikan sudah benar-benar padam. Totalnya setengah jam, " ungkap dia.

Sementara itu, Komandan Peleton 3 Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung, Ica Sumpena, mengatakan, api diduga akibat korsleting listrik pendingin ruangan.

"Informasi dari AC yang di atap lantai tiga, mungkin ada busa ada letupan api, " ujar Ica.

Ica membenarkan jika kebakaran di ATCS bisa cepat diatasi karena api yang muncul tidak terlalu besar. Api pun dapat dipadamkan menggunakan APAR yang tersedia.

"Cepat, karena di sini banyak APAR jadi untuk penanggulangan tidak pakai air, tapi pakai APAR yang ada di Pemkot Bandung."

"Tadi tinggal baranya sedikit lagi tapi kita sudah cek. Risikonya terlalu tinggi kalau pakai air, takutnya menyebar, kerusakannya lebih banyak," tandas dia.

Sebelum ini, Gedung Bappelitbang Kota Bandung yang berada di lingkungan Balai Kota Bandung, Jalan Aceh, Kota Bandung, Jawa Barat, pernah terbakar pada Senin (7/11/2022).

Gedung yang dulunya bekas Kantor DPRD Kota Bandung itu berjarak sekitar 100 meteran dari Ruang Wali Kota Bandung, Yana Mulyana.

https://bandung.kompas.com/read/2024/02/26/172915378/balai-kota-bandung-kebakaran-ruang-atcs-mengeluarkan-asap

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke