Salin Artikel

Keracunan Massal Murid SD di Bandung Barat, 7 Siswa Dilarikan ke Puskesmas

BANDUNG BARAT, KOMPAS.com - Sejumlah siswa SDN Bojong II, Desa Bojong, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat mengalami keracunan massal.

Sedikitnya ada 7 orang siswa yang mengeluhkan gangguan pencernaan seperti sakit perut, muntah-muntah, dan sakit kepala usai mengonsumsi jajanan.

Para siswa yang mengeluhkan dugaan keracunan itu langsung dilarikan ke Puskesmas Rongga untuk mendapatkan penanganan medis.

"Betul kita terima informasi pada hari ini pukul 10.45 WIB bahwa ada beberapa anak sekolah dari SDN II Bojong berobat ke Puskesmas Rongga diantar oleh guru mereka," ungkap Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Bandung Barat, Maisara SR Hanif saat dikonfirmasi, Selasa (27/2/2024).

Selanjutnya, Puskesmas Rongga melakukan penyelidikan epidemiologi lanjutan untuk mengetahui apa penyebab keracunan massal yang dialami sejumlah siswa tersebut.

"Dari hasil pemeriksaan, seluruh pasien ini mengaku memakan jajanan merk Daya yakni jajanan berupa aci ditaburi cabe pedas kering," ungkap Maisara.

Para siswa tersebut mengonsumsi jajanan itu saat jam istirahat dan membelinya dari pedagang asongan yang berjualan di sekitar sekolah.

"Dari pengakuan penjual, jajanan itu dibeli dari warung mainan grosir di Desa Baranangsiang, Kecamatan Cipongkor," ujar Maisara.

Ketujuh anak tersebut sudah diberikan penanganan berupa pengobatan dan penanganan medis lanjutan.

"Kita sudah koordinasi dengan pihak sekolah, orangtua murid. Kita juga sudah melakukan penyelidikan epidemiologi kepada para siswa terdampak," tandasnya.

https://bandung.kompas.com/read/2024/02/27/172553278/keracunan-massal-murid-sd-di-bandung-barat-7-siswa-dilarikan-ke-puskesmas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke