Salin Artikel

Sembuh, 7 Siswa SD Korban Keracunan Massal Jajanan Pedas

Mereka dilarikan ke Puskesmas Rongga setelah mengonsumsi jajanan kemasan merek Daya yang mereka beli dari pedagang asongan di sekitar sekolah.

"Kondisinya membaik, kemarin hanya diobservasi dan diberi obat. Semuanya sudah sembuh, sudah pulang ke rumahnya masing-masing."

Demikian ungkap Kepala Puskesmas Rongga, Ai Tita Rosita saat dihubungi, Rabu (28/2/2024).

Meski sudah dipulangkan, ke tujuh siswa tersebut tetap dalam pemantauan petugas kesehatan. Sebab, jika ada keluhan mendadak, petugas akan segera melakukan tindakan.

"Kalau ada efek samping lain seperti diare atau gangguan pencernaan maka langsung dilakukan penanganan."

"Jadi tetap dipantau kondisinya, kalau ada apa-apa orangtua siswa dan guru-guru mohon diinformasikan ke kami," kata Ai.

Berdasarkan hasil penyelidikan epidomiologi, baru tujuh siswa yang mengonsumsi jajanan kemasan tersebut. Mereka mengonsumsi jajanan berupa kanji yang ditaburi bumbu cape pedas.

"Untuk tanggal kedaluwarsa yang tertera di kemasannya masih panjang. Tapi untuk hasil pastinya nanti menunggu hasil cek sampel makanan oleh Labkesda Jabar," sebut Ai.

Jajanan kemasan itu dicurigai menjadi penyebab keracunan massal setelah petugas kesehatan melakukan penyelidikan epidemiologi kepada para siswa yang mengeluhkan gangguan pencernaan.

"Dari tujuh orang yang mengeluh sakit perut, muntah-muntah, pusing, sakit kepala itu mereka ternyata memakan jajanan yang sama yaitu jajanan merek Daya," kata dia.

https://bandung.kompas.com/read/2024/02/28/160621878/sembuh-7-siswa-sd-korban-keracunan-massal-jajanan-pedas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke