Salin Artikel

Disnakertrans Purwakarta Bantu Pulangkan TKW yang Tertipu di Abu Dhabi

Semula, Korban dijanjikan bekerja jadi asisten rumah tangga (ART) di Saudi Arabia namun malah diberangkatkan ke Abu Dhabi.

Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja dan Transmigrasi Disnakertrans Purwakarta Adi Wibowo mengaku telah melakukan penelusuran secara administratif, dan melacak informasi tentang sponsor yang diduga melakukan penipuan.

"Setelah mengetahui dari media, kami bergerak mencari data, dan PMI (pekerja migran Indonesia) atas nama Siti Nurhayati itu akan dibantu proses pemulangannya segera. Meski pun PMI itu bukan lagi warga Purwakarta," ujar Adi, Senin (4/3/2024).

Adi menyebut, TKI atas nama Siti Nurhayati kelahiran Kabupaten Purwakarta dan kini ber-KTP Kabupaten Bandung Barat. Hanya saja, saat ini Siti tinggal di Kabupaten Karawang karena menikah dengan warga Karawang.

"Hal terungkap setelah kami berkoordinasi dengan Disnakertrans Bandung Barat dan dibuktikan dengan surat kepindahan dari Bandung Barat ke Karawang. Kami juga sudah mengonfirmasi ke suami dan membenarkan," kata dia.

Pihaknya, kata Adi, terus koordinasi dengan Disnakertrans Bandung Barat dan Disnakertrans Karawang. 

"Sebelum kami limpahkan ke Dinas Ketenagakerjaan di Karawang, kami sudah melakukan berbagai upaya seperti mencari sponsor yang dimaksud, dan katanya minggu ini akan dipulangkan sebagai upaya tanggungjawab," kata dia.

https://bandung.kompas.com/read/2024/03/04/112750778/disnakertrans-purwakarta-bantu-pulangkan-tkw-yang-tertipu-di-abu-dhabi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke