Salin Artikel

Momen Wisatawan Bergandengan Bantu Selamatkan Korban Terseret Ombak di Sukabumi

KOMPAS.com - Empat wisatawan terseret ombak di Pantai Karanghawu II, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Minggu (3/3/2024).

Keempat korban tergulung ombak itu berhasil diselamatkan oleh petugas Balawisata. Bahkan, wisatawan lain turut bergandengan tangan untuk membantu petugas menyelamatkan korban.

Ketua Korwil Wilayah Barat Balawista Kabupaten Sukabumi Sandi Rentana membenarkan bahwa sejumlah wisatawan ikut membantu penyelamatan.

"Alhamdulillah dengan kegigihan anggota kami, akhirnya semua keempatnya bisa terselamatkan," ujarnya, Minggu, dikutip dari Tribun Jabar.

Wisatawan-wisatawan itu berjalan ke laut untuk menyambut korban yang diselamatkan petugas Balawisata.

"Lalu tadi setelah hampir ke darat, teman-temannya bergandengan tangan, tentunya tujuannya untuk menyambut korban dari tengah," ucapnya.

Sandi mengatakan, mulanya ada empat wisatawan asal Desa Songgom, Kecamatan Gekbrong, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, yang berenang di lokasi arus pantai.

Menurut Sandi, petugas Balawista sudah beberapa kali meniup peluit untuk memperingatkan mereka agar tidak berenang di lokasi tersebut.

Keempat wisatawan tetap berenang di tempat itu, meski sudah diperingatkan petugas.

"Tidak lama kemudian datang gelombang besar, selain dia mandi di arus, juga gelombangnya besar, makanya hanyutnya ke tengah cepat sekali, hampir-hampir yang satu tidak kelihatan," ungkapnya.

Ketika korban tergulung ombak, petugas Balawisata langsung melakukan penyelamatan. Tiga orang berhasil diselamatkan.

Satu korban sempat tidak terlihat oleh petugas. Korban itu tergulung ombak sampai tenggelam.

"Lalu datang gelombang bertubi-tubi sampai empat kali yang besarnya," tuturnya.


Beberapa saat kemudian, korban berhasil muncul ke permukaan.

"Di gelombang yang keempat, baru dia kelihatan muncul ke permukaan air. Saya menyangka bahwa yang tadi itu sudah tidak tertolong oleh anak-anak kami," jelasnya.

Usai berhasil diselamatkan, keempat korban terseret ombak langsung mendapat penanganan medis.

"Lalu setelah sampai di darat dilakukan pertolongan pertama, dikasih napas buatan, dipompa jantung, kemudian dibawa ke puskesmas terdekat, yaitu Puskesmas Cisolok," terangnya.

Namun, ada satu korban yang harus dirujuk dari puskesmas ke rumah sakit.

"Setelah dibawa ke Puskesmas Cisolok, yang satunya ini tidak sanggup, lalu kami rujuk ke RSUD Palabuhanratu," beber Sandi.

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul DRAMATIS Detik-detik Penyelamatan 4 Korban Tergulung Ombak di Sukabumi, Ditolong Ronaldo dan Ronaldi

https://bandung.kompas.com/read/2024/03/04/173901378/momen-wisatawan-bergandengan-bantu-selamatkan-korban-terseret-ombak-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke