Salin Artikel

Bisa Tekan Jumlah Sampah Masuk TPA, Ciamis Raih Adipura Kencana

Adipura Kencana adalah penghargaan tertinggi bagi kabupaten atau kota yang mampu menunjukkan kinerja pengelolaan lingkungan hidup yang inovatif dan berkelanjutan.

Penghargaan Adipura Kencana diraih setelah Ciamis mendapat penghargaan Adipura sebanyak 11 kali.

"Untuk Provinsi Jawa Barat baru Ciamis (yang berhasil menerima Adipura Kencana)," kata Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya di Pendopo Ciamis, Rabu (6/3/2024).

Untuk meraih penghargaan ini, kata dia, daerah lain harus mengeluarkan biaya ratusan miliar. Namun Ciamis tidak seperti itu.

"Kota lain Balikpapan yang sama-sama menerima Adipura Kencana itu membuat mesin sampah untuk TPA tidak kurang dari Rp 150 miliar. Surabaya sampai Rp 100 miliar," kata Herdiat.

Di Ciamis, hanya dengan kesadaran masyarakatnya dalam mengelola sampah. Warga sudah memilah sampah dari rumah masing-masing.

"Sampah organik dan sampah anorganik sama-sama jadi duit. Dijual ke bank sampah ditampung lalu didaur ulang jadi barang berharga. Sampah organiknya jadi pakan ternak," jelas Herdiat.

Dengan pengelolaan sampah seperti itu, sampah yang dikirim ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) hanya 10-12 persennya saja.

"Kita mulai (kelola) dari hulu, didaur ulang," ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Ciamis Taufik Gumilar menambahkan, sampah yang dihasilkan di Ciamis perharinya mencapai 570 ton.

Dari jumlah tersebut yang masuk TPA hanya 12 persen.

"Pemerintah sejak kepemimpinan Pak Herdiat terus berupaya membuat regulasi, fasilitas, metode agar pengelolaan sampah lebih optimal," jelas Taufik.


Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Ciamis mulai menata TPA hingga membuat bank sampah yang jumlahnya mencapai 250 unit.

Inovasi itu dibuat sehingga pembangunannya bisa bermanfaat untuk keberlanjutan.

"Kami ada empat tahap. Dari hulu ada bank sampah. Kami ada penyelamat lingkungan di TPA. Tahapannya banyak sehingga residu sangat sedikit," kata Taufik.

Lebih lanjut, Taufik juga menyebut keberhasilan menyabet Adipura Kencana ini berkat peran serta masyarakat dan petugas kebersihan. Inovasi-inovasi itu bisa saja tidak berjalan tanpa peran masyarakat.

"Peran serta warga luar biasa. Patut diapresiasi semua pihak. Warga Ciamis unggul di peran serta. Dengan segala keterbatasan, dengan kekuatan warga bisa diraih Adipura Kencana," jelas Taufik.

https://bandung.kompas.com/read/2024/03/06/153304878/bisa-tekan-jumlah-sampah-masuk-tpa-ciamis-raih-adipura-kencana

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke