Salin Artikel

Jelang Arus Mudik, Perbaikan Tol Palikanci Cirebon Dikebut

Perbaikan berupa penambahan lajur dari dua menjadi tiga lajur, ditargetkan selesai hari ini, Selasa (26/3/2024) siang.

Penambahan kapasitas ini mempersiapkan momen arus mudik dan arus balik yang diprediksi akan mengalami peningkatan kendaraan.

Pantauan Kompas.com di lapangan, sejumlah pekerja mengerjakan penambahan lajur di ruas tol Palikanci Kilometer 208 arah Jawa Barat menuju Jakarta.

Mereka melakukan pengerjaan berupa penebalan aspal yang berjarak sepanjang lebih dari dua kilometer.

Imam Zarkasih, Manager Operasional PT Jasa Marga Cirebon menyampaikan, sebelum pengerjaan, lajur yang diperbaiki merupakan parit tanah yang menjadi pembatas tengah antara jalur Jakarta menuju Jawa, dan Jawa menuju Jakarta.

Namun, karena beban kendaraan yang terus bertambah dan kian padat di tiap tahunnya, PT Jasa Marga Tol Palikanci memutuskan melakukan penambahan lajur dari yang semula menjadi tiga lajur.

"Untuk mempersiapkan arus mudik dan balik 2024 ini, kami melakukan perbaikan berupa pelebaran penambahan kapasitas lajur di depan rest area 208," kata Imam saat ditemui Kompas.com, Senin (25/3/2024) petang.

Penambahan lajur ini dilakukan sepanjang dua kilometer lebih. Perbaikan ini mutlak perlu dilakukan guna meningkatkan pelayanan. Hal ini berdasarkan evaluasi di tiap arus mudik dan juga arus balik.


Imam menjelaskan, di tahun-tahun sebelumnya, pada puncak arus mudik dan balik, Rest Area KM 207 untuk kendaraan dari arah Jakarta, dan KM 208 untuk kendaraan dari arah Jawa, penuh dan membludak.

Para pemudik yang membutuhkan rest area menumpuk di pintu masuk rest area.

Atas dasar itu, PT Jasa Marga Tol Palikanci bersama kepolisian menerapkan rekayasa arus lalu lintas berupa kontraflow.

Kendaraan pemudik melompati rest area 208 karena terlampau padat, dan kendaraan pemudik lain bisa langsung melintas.

"Nah kita mengantisipasi arus balik ini, yang biasanya di tahun sebelumnya kita lakukan kontraflow melompati 208. Namun, sekarang bisa menggunakan lajur tambahan, sehingga diharapkan dapat mengurai penumpukan," terang Imam.

Selain perbaikan berupa penambahan kapasitas ruas lajur, pekerja juga memindahkan barrier atau pembatas beton dari semula di tengah menjadi di pinggir. Pengerjaan ini sudah dimulai bulan lalu, dan ditargetkan selesai lima belas menjelang Idul Fitri atau hari ini.

https://bandung.kompas.com/read/2024/03/26/103919378/jelang-arus-mudik-perbaikan-tol-palikanci-cirebon-dikebut

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke