Salin Artikel

Bupati Karawang Sidak SPBU, Imbas Kecurangan di Km 42 Tol Japek

Sidak dilaksanakan sebagai imbas dari temuan penggunaan alat tak standar di SPBU di rest area Kilometer 42 Jalan Tol Jakarta Cikampek.

Bupati Karawang Aep Syaepuloh mengatakan, setelah adanya temuan itu, terbentuklah opini buruk di mata masyarakat terhadap SPBU.

Berangkat dari alasan itulah, sidak bersama jajaran forum pimpinan kepala daerah (Forkopimda), Polres Karawang, Disperindag, dan Pertamina digelar, sebagai bentuk pengujian demi memberikan kepastian kepada masyarakat.

Tim melakukan sidak di dua SPBU di wilayah Karawang Timur dan SPBU di jalur mudik di wilayah Purwasari dan Dawuan.

"Kami mengecek ada dua pom bensin yang berada di wilayah Karawang Timur, tentunya tadi yang kami cek solar bersubsidi, dengan Pertamax tidak bersubsidi," ujar Aep di sela sidak di SPBU Rawa Gabus Karawang, Rabu (27/3/2024).

Aep mengatakan, dalam pengecekan kali ini tidak ditemui  kecurangan oleh SPBU. Hanya saja, terpantau rata-rata tangki di dua pom tersebut sudah berusia tua.

"Hasil ukur, setelah dilihat pengujian masih dalam hal batas kewajaran. Tadi cuman 0,30 bahkan kalo yang Pertamax masuk plus 0,15. Insha Allah semua SPBU aman," ujar Aep.

Pemkab Karawang, kata Aep, meminta pengusaha SPBU untuk tidak mencurangi dan merugikan konsumen.

"Tapi alhamdulilah kami hadir ke sini untuk meyakinkan konsumen, betul-betul terjamin. Pembelian sesuai dengan pengisian," tambah Aep.

Ia juga meminta bidang metrologi untuk betul-betul mengecek dan menguji setiap SPBU untuk mencegah adanya kecurangan pada alat ukur pengisian BBM.

"Besar harapan, metrologi betul-betul mengecek dengan kepastian, jangan sampai hanya formalitas," ujar Aep.

https://bandung.kompas.com/read/2024/03/27/171022278/bupati-karawang-sidak-spbu-imbas-kecurangan-di-km-42-tol-japek

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke