Salin Artikel

Warga Keluhkan Air dari SPAM Gedebage Bandung Keruh

BANDUNG, KOMPAS.com - Warga di wilayah Kecamatan Buahbatu, Kota Bandung, mengeluhkan kondisi air minum yang keruh dari Sistem Pelayanan Air Minum (SPAM) Gedebage, yang baru dialirkan hari ini, Kamis (28/3/2024).

"Alhamdulillah air ngocornya bagus, kencang. tetapi seperti memang ada keruh, tapi tidak sampai hitam, seperti warna susu," kata Epi Epkar Irmansyah, Ketua RT 09 RW 17, Kelurahan Margasari, Kecamatan Buahbatu, Kota Bandung, Kamis siang.

Epi menambahkan, kondisi serupa dialami 67 pelanggan PDAM Tirtawening Kota Bandung yang terdaftar menjadi pelanggan baru SPAM Gedebage sejak 2023, dan baru hari ini bisa teraliri.

"Sosialisasi akhir Desember 2022 dan buka pendaftaran awal tahun 2023," beber dia.

Menanggapi keluhan pelanggan, Direktur Utama PDAM Tirtawening Kota Bandung, Sonny Salimi langsung meninjau beberapa rumah yang telah terpasang instalasi pipa air bersih dari SPAM Gedebage.

Benar saja, air yang keluar dari keran tampak keruh berwarna putih susu.

Menurut Sonny, pihaknya sudah memberikan sosialisasi kepada pelanggan bahwa pada awal-awal pengaliran, air akan keruh.

"SPAM Gedebage sudah mulai kita alirkan hari ini dan keruh ini karena ini pembangunan dengan perpipaan baru dengan panjang ribuan kilometer totalnya. Pasti di dalam pipa ini ada beberapa material yang tersangkut atau terjebak sehingga di pengaliran pertama di pelanggan masih di mungkinkan keruh," beber Sonny.

Sonny mengimbau kepada pelanggan baru untuk sesering mungkin membuka keran dan membuang air hingga jernih dan diulangi kembali ketika air masih keruh.

"Mungkin sebulan ke depan bisa jernih atau ada keruh-keruh sedikit, tapi tadi kita ada beberapa sempel yang lain yang sudah jernih. Kita sangat maklum karena ini instalasi baru, masih banyak kemungkinan gangguan yang terjadi sehingga ini juga butuh pemahaman masyarakat bisa segera dilaporkan, " ucapnya.

Sonny menjelaskan, PDAM Tirtawening memberikan kompensasi kepada pelanggan SPAM Gedebage yang airnya masih keruh.

"Dalam proses flushing atau pembersihan pipa, kita akan berikan lima kubik pertama digratiskan untuk menguras air, kita sedang evaluasi," imbuhnya.

Sonny menjelaskan, SPAM Gedebage merupakan layanan baru penyaluran air bersih untuk warga di sekitaran Kota Bandung bagian selatan dan timur dengan kapasitas produksi 700 liter perdetik yang mampu mengaliri 56.000 pelanggan.

https://bandung.kompas.com/read/2024/03/28/210421378/warga-keluhkan-air-dari-spam-gedebage-bandung-keruh

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke