Salin Artikel

Jalur Selatan Jawa Barat Mulai Ramai Pemudik, Polisi Terapkan "One Way"

Untuk mengurai kemacetan polisi sempat beberapa kali memberlakukan one way di ruas jalan Limbangan-Tasikmalaya sejak Sabtu (6/4/2024) pagi.

"Sejak pukul 00.00, sabtu dinihari sudah ada kemeriahan dampak one way di (Gerbang) Tol Cikatama," jelas Kanit Gakkum Satlantas Polres Garut Iptu Priyo Sambodo di Pasar Limbangan, Garut, Sabtu (6/4/2024).

Setelah ada peningkatan arus mudik sejak dini hari, antrean kendaraan sempat terjadi akibat adanya aktivitas warga di Pasar Limbangan. 

Polisi pun memberlakukan one way pendek untuk mengurai kepadatan di sana.

"Sejak pukul 04.00 pagi sudah mulai ada antrean akibat aktivitas di Pasar Limbangan sehingga sempat diberlakukan CB one way," katanya.

One way dilakukan dengan cara menutup arus kendaraan dari arah Tasikmalaya di pertigaan menuju Kecamatan Selaawi tidak jauh dari Alun-Alun Limbangan.

Sedangkan arus kendaraan dari arah Bandung ke Tasikmalaya bisa menggunakan dua lajur jalan mulai dari Rumah Makan Pananjung kurang lebih 2 kilometer sebelum Pasar Limbangan sehingga dua ruas jalur bisa sepenuhnya digunakan arus kendaraan dari arah Bandung. 

Lama pemberlakuan one way biasanya disesuaikan dengan tingkat kepadatan kendaraan.

Sampai Sabtu (6/04/2024) siang, polisi sedikitnya sudah dua kali memberlakukan one way dengan durasi tiap kali bisa mencapai satu jam.

Pemberlakuan one way pendek tersebut, mampu mengurai antrean kendaraan dari arah Bandung ke Tasikmalaya hingga Sabtu (6/04/2024) siang.


Kini antrean kendaraan tidak terlalu padat dan kendaraan bisa melaju meski ada kepadatan di titik-titik rawan kemacetan seperti Pasar Limbangan.

Selain itu, antrean kendaraan sempat terjadi di sekitar kawasan Cijolang pada Sabtu (6/4/2024) siang akibat adanya aktivitas pegawai pabrik sepatu yang pulang.

Antrean kendaraan terjadi di kedua arah dan kembali terurai setelah aktivitas pegawai pabrik yang pulang selesai.

Aktivitas pabrik sepatu di kawasan Cijolang sendiri, mulai Senin semua karyawannya diliburkan hingga sepekan ke depan sehingga tidak sampai menjadi titik rawan kemacetan.

https://bandung.kompas.com/read/2024/04/06/143110678/jalur-selatan-jawa-barat-mulai-ramai-pemudik-polisi-terapkan-one-way

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke