Salin Artikel

Exit Tol Cileunyi Padat, Polisi: Kendaraan dari Cikampek Cukup Banyak

BANDUNG, KOMPAS.com - Arus lalu lintas di Exit Tol Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat mengalami kepadatan pada H-3 Lebaran atau Minggu (7/4/2024) malam.

Kepadatan tersebut mengular dari Exit Tol Cileunyi hingga wilayah Rancaekek pada pukul 23.00 WIB hingga 00.00 WIB.

Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) Polresta Bandung Kompol Mangku Anom mengatakan, kepadatan itu terjadi lantaran kendaraan kiriman dari wilayah Cikampek yang datang secara bersamaan.

Tak hanya itu, kepadatan juga disebabkan beberapa rumah makan di wilayah Rancaekek yang mulai didatangi pemudik untuk beristirahat.

"Memang kiriman Jaya cukup banyak dan bergerombol pada saat gerbang keluar tol ada hambatan dengan adanya angkot-angkot atau rumah makan. Tapi sudah kami tertibkan. Alhamdulillah dalam waktu singkat cukup cair lagi," katanya ditemui di Pos Pengamanan Cileunyi, Minggu malam.

Antrean kendaraan tersebut, kata Anom, mengular hanya 1 kilometer saja.

"Namun cukup bergerombol datang arusnya. Jadi memang memakan waktu," ujarnya.

Anom menambahkan, informasi yang didapat dari jajaran Polda Jabar yang ditugaskan di wilayah Cikampek, kendaraan dari wilayah tersebut akan memasuki wilayah Cileunyi pada pagi hari ini.

"Betul kami sudah koordinasi dengan jajaran Polda Jabar, yang ada di Kalitama untuk angka per jamnya masih di angka 1.000. Maka akan terus kami antisipasi. Untuk informasi dari Jaya, dari Barat, arus mungkin masih akan cukup banyak bergerombol datang lagi kurang lebih 3 sampai 4 jam lagi. Dikarenakan ada hambatan disekitaran Merak atau Bakauheni," tuturnya.

Mengantisipasi hal tersebut, jajarannya akan melakukan penguatan pengamanan di beberapa titik selama 1x24 jam.

"Lalu, teman-teman stakeholder masih stand by di titik hambat lalu lintas. Untuk cara bertindak (CB) termasuk tadi kami lakukan kanalisasi ketika pengendara roda dua cukup banyak memasuki jalur Nagreg, dan CB-CB lainnya yang akan kami lakukan. Sifatnya pasti kolaboratif dengan Polres tetangga, seperti Garut, Sumedang apabila terjadi kepadatan," ungkapnya.

Selain itu, apabila kepadatan akan mengular dan memakan waktu lama, pihaknya akan mengalihkan sebagian kendaraan ke arah Tol Cisumdawu.

"Betul, salah satu alternatif di jalur tol apabila terjadi kepadatan kami alihkan ke arah Cisumdawu. Dengan melingkar ke arah Sumedang, tembus melalui jalur Jatinangor dan bisa mendekat ke Nagreg," bebernya.

https://bandung.kompas.com/read/2024/04/08/062502478/exit-tol-cileunyi-padat-polisi-kendaraan-dari-cikampek-cukup-banyak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke