Salin Artikel

H-2 Lebaran, Volume Kendaraan di Simpang Padalarang Naik 30 Persen

BANDUNG BARAT, KOMPAS.com - Arus mudik kendaraan di jalan arteri Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat terpantau ramai pada dua hari menjelang lebaran, Senin (8/4/2204) siang.

Berdasarkan pantauan dari Simpang Padalarang, arus kendaraan yang melintas sejak pagi hingga siang hari sekira pukul 14.00 WIB tidak menunjukkan adanya antrean.

Meski belum terlihat ada antrean, volume kendaraan berangsur meningkat sejak H-4, hingga H-2 lebaran ini volume kendaraan terhitung meningkat sebesar 30 persen dari lalu lintas normal.

"Boleh kami sampaikan juga arus lalu lintas H-2 ini di wilayah arteri Padalarang ramai lancar. Adapun jumlah kenaikan sekitar 30 persen. Memang tidak terlalu signifikan peningkatannya," ujar Kapolres Cimahi, AKBP Aldi Subartono di Simpang Padalarang, Senin (8/4/2204).

Peningkatan volume kendaraan itu terlihat dari Pos Pantau di Simpang Padalarang, simpang ini merupakan pertemuan dua arus mudik yang dilintasi kendaraan dari arah Cianjur dan bertemu arus dari arah Purwakarta.

"Untuk arus mudik kita pusatkan di Pos Padalarang. Kenapa di sini, karena ini adalah titik pertemuan jalur arteri baik yang dari Cianjur maupun dari Purwakata," kata Aldi.

"Memang ada kepadatan di Kota Cimahinya. Karena masyarakatnya berbondong-bondong ada yang ingin memenuhi kebutuhan untuk Idulfitri seperti beli baju dan bahan-bahan pokok," sebut Aldi.

Dinas Perhubungan Bandung Barat mencatat kenaikan jumlah kendaraan paling signifikan terjadi pada H-3 Lebaran atau 7 April 2024 dengan total 40.970 unit motor dan 17.073 unit mobil melintas di jalur Padalarang serta 27.666 unit motor dan 9.440 melintas jalur Bandung-Subang.

"Pemudik sudah terlihat dari malam minggu dan puncaknya sampai hari ini. Alhamdulillah kita bisa mengurai dan memitigasi. Semuanya berjalan dengan lancar," tandasnya.

https://bandung.kompas.com/read/2024/04/08/171855978/h-2-lebaran-volume-kendaraan-di-simpang-padalarang-naik-30-persen

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke