Salin Artikel

Berlibur di Bandung Zoo, Tak Cuma Lihat Hewan, "Botram" Pun Boleh

BANDUNG, KOMPAS.com - Kebun Binatang Bandung atau Bandung Zoo adalah salah satu destinasi wisata favorit warga Bandung Raya, Jawa Barat di saat musim liburan seperti saat sekarang.

Lokasinya yang strategis di tengah Kota Bandung menjadikan destinasi wisata ini mudah dijangkau oleh kendaraan pribadi maupun transportasi umum.

Di musim liburan lebaran, berdasarkan catatan pengelola, ada sekitar 2.000 pengunjung setiap hari yang berwisata ke Kebun Binatang Bandung.

Selain bisa melihat ratusan hewan liar, salah satu daya tarik khusus di tempat ini adalah, pengunjung bisa membawa makanan dari rumah rumah dan "botram" di area wisata itu.

"Botram" adalah kegiatan makan bersama yang menjadi salah satu tradisi masyarakat Suku Sunda.

Tujuan botram adalah merekatkan ikatan persaudaraan, sekaligus bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Pengunjung yang lelah berkeliling diperbolehkan untuk "botram" di area khusus yang disediakan pihak pengelola.

Seperti yang dilakukan oleh Awan Rusmawan (45) warga Soreang, Kabupaten Bandung bersama keluarganya.

Awan mengaku sengaja berlibur ke Kebun Binatang Bandung di hari kedua Idul Fitri 1445 Hijriah, Kamis (11/4/2024) untuk berwisata dengan keluarganya, sambil mengenalkan jenis-jenis hewan kepada anaknya.

"Ngenalin satwa-satwa juga ke anak yang ketiga. Ada keluarga yang mudik, sekalian saja wisata sambil kumpul botram di sini," ujar dia saat ditemui di Kebun Binatang Bandung.

Kegiatan wisata sambil "botram"  tidak rutin dilakukan Awan, hanya pada momen-momen tertentu saja.

Namun bagi Awan, kegiatan "botram" di Bandung Zoo membuka kenangan masa kecilnya. Ketika itu, dia pernah melakukan kegiatan semacam ini bersama orangtuanya.

"Mengenang zaman dulu ke sini pakai delman sama ibu dan bapak dari rumah. Dulu belum banyak kendaraan seperti sekarang," ucap dia. 

Pengunjung lainnya, Ali Nurdin (32), warga Kota Bandung menyebut, berwisata sambil "botram" di Kebun Binatang Bandung adalah hal yang baru dilakukannya bersama sang anak.

"Karena ini baru pertama kali bersama anak, mau ngenalin satwa-satwa jadi dibawa ke sini saja yang dekat," ucap dia.

Karena ini yang pertama, Ali mengaku menyiapkan kegiatan ini jauh-jauh hari sebelum Hari Raya Idul Fitri. Momen ini pun bagi dia dan keluarganya sangat berkesan.

"Untuk Hari Raya mungkin pilih ke sini perhitungan macet juga. Dan lokasinya dekat serta terjangkau juga tidak jauh dari rumah," kata dia.

Sementara itu, pengelola Kebun Binatang Bandung, Aan Sulhan mengatakan, tradisi pengunjung yang datang sambil "botram" di Bandung Zoo sudah berlangsung selama puluhan tahun.

Menurut dia, tradisi ini tidak hanya berlangsung pada saat libur lebaran, tetapi sudah menjadi hal yang wajib saat musim liburan.

Dikatakan, lebih dari setengah jumlah pengunjung yang datang selalu diakhiri dengan kegiatan "botram". Kegiatan ini memberikan kesan berbeda karena bisa makan sambil melihat hewan liar.

"60 persen pengunjung yang datang pasti 'botram'. Karena ini adalah hal yang tak biasa bisa, disaat capek keliling-keliling bisa makan bersama juga di area khusus," kata dia.

Dia menambahkan, untuk mempertahankan tradisi yang sudah berlangsung lama para pengunjung pun dibebaskan untuk membawa makanan dari rumah.

"Tapi kalau yang tidak bawa makanan di sini juga ada yang jual makanan ringan sampai berat. Pengunjung bebas botram disini asal tetap menjaga kebersihan," kata dia.

https://bandung.kompas.com/read/2024/04/11/185221378/berlibur-di-bandung-zoo-tak-cuma-lihat-hewan-botram-pun-boleh

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke