Salin Artikel

Fakta di Balik Bencana Longsor di Garut, Dipicu Hujan Deras dan 3 Warga Tewas

KOMPAS.com - Bencana longsor di Kampung Sirnagalih, Desa Talagajaya, Kecamatan Banjarwangi, Kabupaten Garut, Jawa Barat, pada Kamis, (24/4/2024) malam, merenggut tiga korban jiwa.

Kapolsek Banjarwangi Iptu Amirudin Latif, menjelaskan, longsor yang menimbun empat rumah tersebut dipicu oleh hujan deras yang terjadi di wilayahnya pada Kamis malam.

"Lebar longsor 100 meter, menerjang empat rumah dan tiga orang dilaporkan hilang tertimbun," ujarnya dilansir dari Tribunjabar.id, Jumat (26/4/2024).

Petugas awalnya menemukan dua korban tewas atas nama Zeni (8) dan Dini (3). Sementara warga bernama Lilis (28) masih dalam pencarian. 

Sementara itu, Tim SAR gabungan dan warga masih terus melakukan pencarian terhadap Lilis. Alat berat juga telah dikerahkan untuk mempercepat pencarian korban. 

"Alat berat sudah diterjunkan ke lokasi sejak malam, sejak malam juga kami terus lakukan pencarian," ungkap Wakapolres Garut Kompol Dhoni Erwanto, Jumat (26/4/2024).

Sementara itu, proses pencarian harus dilakukan hati-hati karena tanah masih labil dan rawan longsor. 

"Kami tetap mengimbau agar masyarakat tetap berhati-hati, karena kondisi medan masih rawan longsor susulan," ungkap Dhoni.

Operasi pencarian dihentikan

Sementara itu, pencarian korban terakhir berhasil ditemukan. Supriono, Kepala Seksi Operasi Kantor SAR Bandung mengungkapkan, korban ditemukan pada pukul 14.15 WIB. 

Sebelumnya, tim SAR gabungan juga telah menemukan dua korban yang adalah anak-anak. Korban pertama ditemukan pada pukul 10.41 WIB dan korban kedua pada pukul 11.20 WIB.

Dengan ditemukan seluruh korban, Supriono sebut operasi pencarian dihentikan. Pihaknya juga turut berduka kepada seluruh keluarga korban. 

"Tim SAR gabungan turut berbela sungkawa pada keluarga korban yang ditinggalkan," kata Supriono. 

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan: judul Tanah Longsor seusai Hujan Deras di Garut Telan 2 Korban Jiwa, 1 Belum Ditemukan

https://bandung.kompas.com/read/2024/04/26/165408678/fakta-di-balik-bencana-longsor-di-garut-dipicu-hujan-deras-dan-3-warga-tewas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke