Salin Artikel

Pemkab Bandung Barat Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana Longsor

Penetapan status tanggap darurat itu menyusul adanya bencana tanah longsor yang memutus jalan raya utama penghubung Kabupaten Bandung Barat (KBB)-Cianjur, Jawa Barat.

Selain memutus jalan, beberapa titik longsor juga terjadi di Desa Sindangjaya dan Bunijaya, Kecamatan Gununghalu, serta sejumah permukiman di Desa Cicadas, Kecamatan Ronggga.

"Status tanggap darurat bencana tanah longsor sudah ditetapkan. Status tanggap darurat ini berlaku selama 14 hari sejak 16 Mei hingga 29 Mei."

"Namun itu bisa diperpanjang melihat kondisi di lapangan," ujar Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bandung Barat Meidi yang dihubungi, Rabu (22/5/2024).

Dari tiga desa yang terdampak, Desa Sindangjaya menjadi titik yang paling parah.

Tercatat, ada 53 rumah warga dengan jumlah penghuni 57 kepala keluarga atau 155 jiwa yang terdampak bencana tanah longsor.

"Hasil asesmen kami di Desa Sindangjaya terdapat empat rumah rusak berat, tujuh rusak ringan, dan 42 rumah terancam longsor susulan," kata Meidi. 

Ada pun, jalan utama yang tergerus longsor yakni sepanjang 30 meter, lebar empat meter, dengan ketinggian tebing 100 meter.

"Sehingga akses jalan utama penghubung Bandung Barat-Cianjur tidak bisa dilalui oleh masyarakat baik kendaraan roda empat maupun roda dua," sebut dia.

Selain permukiman dan jalan utama penghubung kedua kabupaten, longsor juga terjadi di titik lain yakni di jalan penghubung antara Desa Sindangjaya dan Desa Bunijaya dengan panjang longsoran enam meter, lebar tiga meter, dengan tinggi 2,5 meter.

"Dampak lainnya di Desa Sindangjaya yakni rusaknya lahan persawahan seluas kurang lebih 50 hektare di tambah lahan perhutani juga terdampak," kata Meidi.

Titik longsor lain yakni di Desa Bunijaya, Kecamatan Gununghalu, dari hasil asesmen tercatat ada tiga rumah rusak ringan.

"Sementara di Desa Cicadas, Kecamatan Rongga terdapat dua rumah rusak berat, satu rusak ringan, dan sembilan rumah terancam longsor susulan," tandas dia.

https://bandung.kompas.com/read/2024/05/22/201519878/pemkab-bandung-barat-tetapkan-status-tanggap-darurat-bencana-longsor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke