Salin Artikel

"Long Weekend", Polres Garut Periksa Kelayakan Bus-bus Pariwisata

Langkah ini dilakukan untuk memastikan kondisinya aman dan layak jalan.

"Kami dari Satuan Lalu lintas Polres Garut menghadapi 'long weekend' saat ini adalah melakukan kegiatan 'ramp check' bergabung dengan jajaran Dishub Kabupaten Garut maupun Dishub Provinsi."

Demikian kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Garut, Iptu Aang Andi Suhandi di Garut, Jumat (24/5/2024).

Ia menuturkan, tim gabungan melakukan pemeriksaan rutin di beberapa titik terhadap kelayakan bus, terutama pariwisata yang datang dari luar daerah menuju objek wisata di Garut.

Pengecekan kendaraan, kata dia, meliputi fungsi rem, lampu, dan sebagainya, yang dipastikan harus berfungsi untuk menjaga keselamatan penumpang, maupun pengguna jalan lainnya, apalagi kondisi jalan di Garut terdapat tanjakan, dan turunan.

"Kondisi fisik pengemudinya juga diperiksa, mengingat beberapa tujuan wisata di Kabupaten Garut seperti Darajat dan Kawah Papandayan yang memiliki jalur yang cukup berat berupa tanjakan dan turunan," kata dia.

Dia mengatakan, petugas gabungan itu tidak hanya memeriksa kelayakan bus pariwisata, juga memasang rambu-rambu imbauan dan peringatan di daerah rawan kecelakaan.

Hal ini untuk menjadi perhatian pengendara agar bisa meningkatkan kewaspadaannya.

Dalam pengamanan libur panjang tersebut, kata Aang, polisi menyiapkan 102 personel gabungan yang ditempatkan di jalur utama Bandung-Garut, kemudian jalan nasional di Limbangan-Malangbong.

"Spot yang menjadi fokus yaitu terdiri dari jalur Limbangan-Malangbong, Jalur Kadungora-Cilawu, dan wilayah perkotaan yaitu Jalan Raya Muara Sanding," kata dia.

Ia menyampaikan, kondisi arus lalu lintas di Garut saat musim libur panjang terpantau ramai lancar.

Ia mengimbau pengemudi harus selalu memerhatikan kondisi fisik, kemudian kendaraannya dipastikan dalam kondisi aman dan layak beroperasi untuk keselamatan bersama.

"Pastikan semuanya dalam kondisi yang baik, tetap utamakan keselamatan, bukan kecepatan," kata dia.

https://bandung.kompas.com/read/2024/05/24/223000678/long-weekend-polres-garut-periksa-kelayakan-bus-bus-pariwisata

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke