Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penukaran Uang Baru di Bandung Mengular, Sebagian Tidak Kebagian, Warga Diimbau Datang Jam 6 Pagi

Kompas.com - 25/04/2022, 12:27 WIB
Reni Susanti

Editor

BANDUNG, KOMPAS.com - Menjelang Lebaran, antrean penukaran uang baru di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat semakin mengular setiap harinya.

Ada kalanya, warga yang datang untuk menukarkan, tidak berhasil. Sebab jumlah antrean dibatasi 500 orang.

Seperti dikutip Tribun Jabar, baru pukul 08.30 WIB, jumlah antrean telah hampir mencapai 450 antrean.

Baca juga: Mengusut Temuan Uang Rp 3,7 M di Exit Tol Mojokerto, Diduga Akan Dijual ke Jasa Penukaran Uang Baru

Batas waktu penukaran yang ditetapkan oleh pihak Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat, hingga Selasa (26/4/2022) membuat masyarakat berbondong-bondong rela antre sejak pukul 06.00 WIB.

Salah seorang warga yang mengantre untuk menukarkan uang menjadi uang baru adalah Yani Nurhayati (38). Warga Regol Bandung ini sudah antre sejak pukul 07.00 WIB.

Ia sengaja pergi pagi belajar dari tahun lalu. Di mana antrean akan sangat ramai saat semakin dekatnya batas waktu penutupan penukaran.

"Iya belajar dari tahun kemarin, datang jam delapan lebih, udah pasti enggak kebagian, jadi harus datang lagi besoknya. Makanya tahun ini saya datang lebih pagi, biar kebagian," ujarnya saat ditemui di halaman luar Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat, Jalan Braga Kota Bandung.

Baca juga: Jasa Penukaran Uang Mulai Marak Berjejer di Jalur Mudik Karawang

Selain belajar dari pengalaman, kebijakan pemerintah memperbolehkan kembali mudik membuat minat masyarakat untuk menukarkan pecahan kecil uang baru semakin meningkat.

"Apalagi sekarang mudik udah dibolehkan, jadi pasti semakin banyak orang yang tukar, untuk dibagikan ke saudaranya di kampung halaman," ucapnya.

Antre Tukarkan Uang

Antrean warga yang ingin menukarkan uang menjadi uang baru di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat, Jalan Braga, Kota Bandung, Senin (25/4/2022).

Berdasarkan pantauan, di lokasi Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat, petugas keamanan terus memberikan imbauan agar warga tetap menjaga protokol kesehatannya dalam antrean.

Selain itu, petugas pun meminta agar warga yang belum mendapatkan nomor antrean agar datang kembali keesokan harinya dengan waktu yang lebih pagi.

"Besok datang lagi saja, sekarang antrean sudah sampai 500 nomor. Besok adalah batas terakhir penukaran uang baru, jadi datang lebih pagi, sejak pukul 06.00 WIB," ujar salah seorang petugas dari balik gerbang masuk Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat.

Baca juga: Kasus Mahasiswa Yogyakarta Dibakar Temannya Hidup-hidup, Kapolda: Modus Operandinya Jarang Terjadi

Sebelumnya, dilansir dari keterangan akun Instagram @bi_jabar. Bahwa, layanan penukaran uang baru 2022 di Kantor Perwakilan BI Jabar, Kota Bandung dilakukan pada tanggal 11 – 26 April 2022, pukul 08.00 – 12.00 WIB.

Kantor Perwakilan BI Jabar berkolaborasi dengan 14 perbankan lainnya, dalam membuka layanan di lokasi penukaran uang baru di Kota Bandung.

Adapun daftar bank yang juga melayani penukaran uang baru 2022 di Bandung, pada Senin 25 April 2022, yaitu Bank BSI, Bank BTN, Bank Muamalat, dan Bank CIMB Niaga.

Sedangkan daftar bank yang juga melayani penukaran uang baru 2022 di Bandung pada Selasa 26 April 2022, yaitu Bank BJB, Bank DKI, Maybank, dan Bank OCBC NISP.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Antrean Warga Bandung Tukarkan Uang di BI Mengular, Warga Diimbau Datang Pukul 06.00 WIB

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com