Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhir 14 Hari Pencarian, Jenazah Eril Ditemukan di Bendungan Engehalde Swiss

Kompas.com - 10/06/2022, 05:25 WIB
Reza Kurnia Darmawan

Editor

KOMPAS.com - Jenazah Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, anak Ridwan Kamil yang hilang di Sungai Aare, Bern, Swiss, akhirnya ditemukan.

Eril hilang sejak 26 Mei 2022 saat berenang di Sungai Aare. Setelah tim SAR melakukan pencarian selama 14 hari, jenazah Eril ditemukan pada Rabu (8/6/2022).

Jasad putra Ridwan Kamil itu ditemukan di Bendungan Engehalde, Bern.

Baca juga: Jenazah Eril Akhirnya Ditemukan pada 8 Juni di Bendungan Engehalde Swiss

Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Swiss Muliaman Hadad mengatakan, kabar ditemukannya jenazah Eril pertama kali disampaikan oleh kepolisian setempat.

“Kemarin (Rabu), kepolisian Kanton Bern telah bertemu kami di kantor KBRI Bern bersama keluarga untuk menyampaikan informasi awal mengenai ditemukannya jasad diduga ananda Eril,” ujarnya dalam konferensi pers daring, Kamis (9/6/2022).

Polisi menemukan jenazah Eril pada pukul 06.50 pagi waktu Swiss.

Muliaman menuturkan, sesuai prosedur yang berlaku, tim forensik kepolisian lantas mengidentifikasi dan melakukan penelusuran DNA untuk memastikan kebenaran jasad tersebut adalah Eril.

Baca juga: Dubes RI Pastikan Jenazah Eril Sudah Ditemukan

Kemudian, pada Kamis siang waktu Swiss, berdasarkan hasil tes DNA, polisi mengonfirmasi bahwa jasad yang ditemukan merupakan Eril.

“Hal ini juga sudah disampaikan secara official oleh polisi Bern melalui media rilis pada pukul 13.45 siang ini waktu Swiss,” ucap Muliaman.

Usai kepastian soal jenazah Eril diperoleh, tutur Muliaman, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Bern memastikan bahwa penghormatan terhadap hak-hak Eril sebagai seorang Muslim terpenuhi sesuai syariat Islam.

“Untuk selanjutnya, KBRI Bern akan terus mendampingi keluarga dalam persiapan dan proses repatriasi ananda Eril ke Tanah Air. KBRI juga akan melakukan pengawalan dalam proses repatriasi hingga ananda Eril tiba di Indonesia,” ungkapnya.

Baca juga: Jenazah Eril Ditemukan, Ridwan Kamil: Sungguh Tuhanku, Kami Tenang Sekarang…

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com