Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PPKM Level 1, Masuk Mal hingga Tempat Hiburan di Bandung Wajib Vaksin Booster

Kompas.com - 06/07/2022, 15:43 WIB
Putra Prima Perdana,
Reni Susanti

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Wali Kota Bandung Yana Mulyana, memastikan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kota Bandung masih berada di level 1. Meski demikian, untuk masuk ruang publik wajib vaksin booster

Tempat-tempat yang diberlakukan relaksasi dalam PPKM level 1 pun masih dibatasi hanya 75 persen dari kapasitas total.

"Alhamdulillah masih level 1, tadi disepakati regulasi yang diberikan untuk kapasitas itu sampai saat ini akan tetap lakukan 75 persen tidak ada perubahan soal kapasitas termasuk jam oprasional," kata Yana di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukencana, Kota Bandung, Rabu (6/7/2022).

Baca juga: Pesan Ridwan Kamil untuk Bima Arya dan Yana Mulyana soal Holywings

Sebagai langkah pencegahan dini peningkatan penyebaran varian omicron BA.4 BA.5, pengunjung yang akan masuk ruang publik di Kota Bandung wajib menunjukkan vaksinasi Covid-19 dosis 3 atau booster melalui aplikasi Peduli Lindungi. 

Ruang publik yang dimaksud seperti mal, tempat hiburan, bandara, stasiun, dan tempat lainnya yang berpotensi mengumpulkan pengunjung. 

"Untuk percepatan ini kami akan melakukan perubahan Perwal mensyaratkan beberapa persyaratan bagi masyarakat yang akan hadir di ruang ruang publik seperti di stasiun, Bandara, Terminal, Hotel, maupun tempat aktivitas lain. Itu nanti akan disyaratkan harus sudah mendapatkan vaksin dosis tiga di perwal," jelasnya.

Soal penularan harian, Yana mengatakan, penambahan kasus positif Covid-19 per hari hanya berada di kisaran 50 kasus.

"Penambahan kasus variatif ada 50 kasus, kadang 46 kasus perhari, positif rate tiga sekian persen dan tingkat kesembuhan sangat tinggi karena ternyata kasus varian BA.4 dan BA.5 ini gejala klinisnya ringan. Rata-rata dengan melakukan isolasi mandiri itu tingkat kesembuhan sangat tinggi," ungkapnya.

Baca juga: UPDATE Covid-19 di Jabar, Jateng, Banten, Sumsel, Babel, dan Lampung 5 Juli 2022

Yana memastikan, kasus omicron BA.4 BA.5 memang dominan di Kota Bandung. Namun beberapa kasus juga terdapat varian lama seperti Omicron dan Delta.

"Dominan iya, karena dari 9 persen orang yang dirawat di RS itu rata-rata gejalanya sangat ringan dan ICU tinggal sekitar 9 orang. Mungkin saja varian delta, varian omicron yang awal mungkin ada, jadi kalau dilihat dari data yang dirawat sampai di ICU itu sangat rendah dan kelihatannya varian baru," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com