Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gas 3 Kg Bocor, 9 Orang di Bandung Barat Tersambar Api Saat Siapkan Hidangan Pesta Pernikahan

Kompas.com - 25/10/2022, 14:08 WIB
Bagus Puji Panuntun,
Reni Susanti

Tim Redaksi


BANDUNG BARAT, KOMPAS.com - Sebanyak 9 orang menjadi korban kebakaran di Kampung Barulaksana RT 02 RW 14 Desa Jayagiri, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat.

9 korban tersebut mengalami luka bakar akibat semburan api yang berasal dari kebocoran gas 3 kilogram saat memasak untuk sajian hidangan sehari sebelum pesta pernikahan pada Senin (24/10/2022).

Kapolsek Lembang, AKP Hadi Mulyana mengatakan, peristiwa itu bermula saat pemilik rumah tengah menyiapkan masakan untuk dihidangkan pada gelaran pesta pernikahan yang akan dilangsungkan Selasa (25/10/2022).

Baca juga: 17 Jam Penanganan, Kebakaran Pabrik Triplek di Bandung Tak Kunjung Padam

"Saat memasak untuk menyiapkan hidangan, ada salah satu warga yang mengganti tabung gas. Gas tersebut mengalami kebocoran kemudian api kompor yang masih menyala di sampingnya menyambar gas bocor tersebut," ungkap Hadin saat dihubungi Selasa (25/10/2022).

Gas yang mengalami kebocoran itu kemudian tersambar api dan membakar seisi ruangan, api menyembur keluarga dan tetangga yang berada di lokasi kejadian.

"Saat kejadian, api masuk ke ruangan berukuran 2x3 meter persegi. Di dalam ruangan itu terdapat keluarga dan tetangga sedang berkumpul melaksanakan makan siang," beber Hadi.

Baca juga: Pabrik Triplek di Bandung Terbakar, 2 Mobil Pemadam Kebakaran Ikut Terjebak

Sedikitnya ada 9 orang yang dilarikan ke rumah sakit, 2 di antara mereka mengalami luka bakar cukup parah sehingga perlu penanganan medis yang serius di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Kota Bandung.

"7 orang warga dilarikan ke RSUD Lembang dan 2 orang dirawat di Puskesmas Jayagiri kemudian dirujuk untuk dirawat di RSHS Kota Bandung," tutur Hadi.

Selain menyambar 9 orang, tragedi kebocoran gas menyambar dan merusak seisi ruangan. Barang elektronik dan perabotan rusak terkena sambaran api.

"Adapun barang yang rusak dan terbakar, 1 unit TV tabung 21 inch, lemari, plafon rumah, kaca jendela pecah, peraboran rumah berbahan plastik dengan total kerugian sekitar Rp 5 juta," sebut Hadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com