Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/12/2022, 08:05 WIB
Farid Assifa

Editor

Sumber BNPB

KOMPAS.com - Gempa bumi magnitudo 6,1 mengguncang Garut, Jawa Barat, Sabtu (3/12/2022) pukul 16.49 WIB dan mengakibatkan satu orang terluka.

Informasi yang disampaikan Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa di Garut berlokasi di 7.51 LS dan 107.52 BT pada kedalaman 109 meter. Gempa terebut berada darat dan tidak berpotensi tsunami.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto yang dirilis dari website resmi BNPB menyebutkan, gempa di Garut selama 4 hingga 5 detik di Garut getarannya terasa ke Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Bandung.

Baca juga: Garut Diguncang Gempa Magnitudo 6,1, Bupati Minta Masyarakat Tenang

"Dirasakan cukup kuat selama 4-5 detik di Kabupaten Garut, Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Bandung," kata Suharyanto.

Ia mengatakan, berdasarkan laporan dari Pusat Pengendali dan Operasi (Pusdalops) BNPB, gempa di Garut mengakibatkan 5 bangunan rusak dan satu warga terluka.

Lima bangunan yang rusak itu terdiri dari 4 rumah warga dan satu gedung sekolah. Sementara warga yang terluka adalah warga Desa Putrajawa, Kecamatan Selaawi. Korban sudah dibawa ke puskesmas terdekat.

Baca juga: Gempa Magnitudo 6,1 Garut, 2 Rumah Warga di Cianjur Dilaporkan Rusak

Suharyanto mengatakan, pihaknya sudah mengirimkan satu tim untuk membantu pendampingan daerah dan pengkajian cepat serta kebutuhan lainnya yang diperlukan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber BNPB
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com