Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Sukabumi, Siswa SD di Tasikmalaya Lari Berhamburan: Tadi Besar Banget, Takutnya di Tasikmalaya

Kompas.com - 08/12/2022, 10:27 WIB
Irwan Nugraha,
Reni Susanti

Tim Redaksi

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Warga Jalan Tarumanegara, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, terlihat kaget dan berhamburan keluar rumah saat merasakan getaran gempa Magnitudo 5,8 Sukabumi pada Kamis (8/12/2022) pagi.

Dikutip dari situs web BMKG, lokasi gempa berada di 22 Kilometer Tenggara Sukabumi Magnitudo 5,8 sekitar pukul 07.50 WIB.

Warga Tasikmalaya sebelumnya menduga gempa yang terjadi beberapa detik tersebut berlokasi dekat dengan wilayah Tasikmalaya.

Baca juga: BMKG: Gempa Sukabumi M 5,8 Jenis Menengah akibat Aktivitas Intraslab Lempeng Indo-Australia

"Gempa, gempa, ini di Tasikmalaya bukan? Gempa ini," jelas Risma (43) salah seorang warga di depan SD Pengadilan, Kota Tasikmalaya, Kamis pagi.

Selain warga di dalam ruangan wilayah itu, kumpulan ibu-ibu yang mengantar anaknya bersekolah pun sempat berlarian ke tengah jalan sebagai lokasi terbuka.

Beberapa siswa pun ada yang dibawa ke lapangan di dalam kelas karena khawatir gempa susulan akan terjadi lagi.

Baca juga: Gempa M 5,8 Guncang Sukabumi, Terasa hingga Jakarta

Namun, selang dua jam berlalu para siswa pun masuk kembali ke kelas untuk mengikuti pelajaran lagi.

"Setelah tahu kalau gempa di Sukabumi pusatnya. Para siswa pun masuk kembali lagi ke kelas. Tadi besar banget takutnya di Tasikmalaya. Jadi para siswa dibawa keluar dulu untuk jaga-jaga supaya aman," ujar Teti (45), seorang warga lainnya di lokasi sama.

Sebelumnya, Dua gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,1 dan magnitudo 5,8 mengguncang Sukabumi, Jawa Barat pada Kamis (8/12/2022) pukul 07.50.57 WIB.

Dikutip dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa ini tidak berpotensi tsunami.

BMKG mengumumkan pusat Gempa Sukabumi. Gempa dengan magnitudo 6,1 berada di 7.11 lintang selatan dan 106.99 bujur timur atau 22 kilometer tenggara dari Kota Sukabumi, Jawa Barat.

Sedangkan gempa M 5,8 berada di 7.27 lintang selatan, 106.88 bujur timur atau 39 kilometer baratdaya dari Kota Sukabumi, Jawa Barat.

Berdasarkan akun Twitter resmi BMKG, kedalaman gempa yang tercatat yakni 104 kilometer dan termasuk dalam gempa bumi menengah. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com