Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Nataru, Ini Rekayasa Lalu Lintas di Tol Jakarta-Cikampek

Kompas.com - 17/12/2022, 12:45 WIB
Farida Farhan,
Gloria Setyvani Putri

Tim Redaksi

KARAWANG, KOMPAS.com - Polres Karawang mempersiapkan rekayasa lalu lintas menjelang libur Natal 2022 dan tahun baru 2023.

Kapolres Karawang AKBP Aldi Subartono mengatakan, pihaknya bersama Polda Jabar telah mengecek kesiapan jalur menjelang libur Nataru pada Jumat (16/12/2022). Tujuannya untuk memastikan keamanan, kelancaran, dan keamanan selama Nataru.

Berdasarkan evaluasi pengamanan dan rekayasa lalu lintas saat libur Idul Fitri 2022, akan ada beberapa perubahan pada Nataru nanti.

Di antaranya dari rekayasa titik-titik kemacetan, penempatan personel, pemasangan rambu lalu lintas, serta penempatan pos pengamanan dan pelayanan hingga kendaraan derek.

Baca juga: Libur Nataru, 329.456 Kendaraan Diprediksi Masuk Jateng Lewat Gerbang Tol Kalikangkung Semarang

"Polres Karawang akan mengubah titik-titik yang kemarin menjadi titik-titik kemacetan untuk Nataru ini (rekayasa lalu lintas) akan kami ganti, kami rancang," kata Aldi dalam keterangannya, Sabtu (17/12/2022).

Rest area tol Jakarta-Cikampek yang berada di wilayah Karawang, seperti Rest Area Km 57 dan Km 62, akan dilakukan buka tutup. Namun, penerapan contraflow hingga one way masih menunggu intruksi dari Korlantas Polri.

Aldi menyebutkan, pelebaran tol Jakarta-Cikampek telah selesai. Perinciannya untuk jalur A atau arah Jakarta menuju Cikampek dari Km 50 sampai Km 67 yang semula 3 lajur dan bahu jalan menjadi 4 lajur dan bahu jalan.

Kapolres Karawang AKBP Aldi Subartono dan jajaran saat mengecek tol Jakarta-Cikampek, Jumat (16/12/2022).Dok. Polres Karawang Kapolres Karawang AKBP Aldi Subartono dan jajaran saat mengecek tol Jakarta-Cikampek, Jumat (16/12/2022).

Adapun pada jalur B atau Arah Cikampek menuju Jakarta dari Km 61 smpai Km 50 yang semula 3 lajur dan bahu jalan menjadi 4 lajur dan bahu jalan.

"Secara umum, pengerjaan pelebaran dari 3 lajur menjadi 4 lajur tanpa bahu jalan sudah selesai pengerjaan," kata Aldi.

Baca juga: Antisipasi Lonjakan Penumpang Saat Nataru, Pelabuhan Samarinda Siapkan Armada Tambahan

Meski begitu, terdapat 3 jembatan yang masih tahap pelebaran. Lokasinya di bahu jalan tol Km 50, 53, dan Km 57.

"Uji coba pembukaan empat lajur telah dilakukan pada Jumat (16/12/2022) mulai pukul 14.00 WIB kemarin," ujar Aldi.

Aldi pun berharap pengamanan Natal 2022 dan tahun baru 2023 berjalan dengan lancar dan kondusif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com