Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal I-Chat, Aplikasi Pembelajaran Bahasa Isyarat yang Dibagikan di 7 Kota

Kompas.com - 23/01/2023, 23:20 WIB
Reni Susanti

Editor

BANDUNG, KOMPAS.com - Aplikasi untuk tuna rungu, I-Chat dibagikan ke lembaga disabilitas di 7 kota lengkap dengan komputer tabletnya.

Ketujuh kota tersebut yakni Jakarta, Bandung, Purwokerto, Malang, Sidoarjo, Makassar, dan Lampung.

SGM Telkom CDC, Hery Susanto mengatakan, I-Chat merupakan kepanjangan dari I Can Hear and Talk. I-CHAT merupakan aplikasi pembelajaran bahasa isyarat untuk disabilitas tuna rungu berbentuk multimedia yang telah dikembangkan sejak 2010.

Baca juga: Jelang Piala Dunia U-20, Akses Disabilitas di Stadion Gelora Bung Tomo Dibenahi

“Ini adalah sarana pembelajaran bahasa isyarat bagi para difabel tunarungu maupun masyarakat umum yang juga ingin mempelajari bahasa isyarat," ujar Hery, Senin (23/1/2023).

Aplikasi ini mengubah cara konvensional dalam pembelajaran bahasa isyarat menjadi cara modern dengan memanfaatkan keunggulan teknologi IT.

Dengan aplikasi tersebut, pembelajaran bahasa isyarat dapat dilakukan dengan mudah dimanapun, kapanpun, dan oleh siapapun.

Baca juga: Sebelum Ai Maimunah Dibunuh, Yani Wanti-wanti Ayahnya Jangan Terima Apapun dari Wowon

Aplikasi ini pun telah disosialisasikan ke banyak kota besar di Indonesia dan kepada Sekolah Luar Biasa (SLB-B) disertai pemberian bantuan komputer kepada beberapa SLB-B terpilih.

“Semoga perangkat yang telah diberikan dapat dimanfaatkan optimal sebagai sarana pembelajaran bahasa isyarat, sehingga ke depan para disabilitas tunarungu dapat bersosialisasi lebih mudah," ungkap dia.

Ia berharap, I-Chat dapat digunakan dan dimanfaatkan lebih luas lagi oleh seluruh masyarakat Indonesia baik yang disabilitas maupun tidak.

Sebab setiap individu berhak mendapatkan kesempatan yang sama, tak terkecuali bagi penyandang disabilitas. Serta menciptakan pembangunan berkelanjutan pendidikan berkualitas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com