Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Observatorium Bosscha Gelar Pengamatan Hilal untuk Tentukan Awal Ramadhan 1444 Hijriah

Kompas.com - 21/03/2023, 18:31 WIB
Bagus Puji Panuntun,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

BANDUNG BARAT, KOMPAS.com - Tim Observatorium Bosscha bakal melaksanakan pengamatan hilal Ramadhan 1444 Hijriah di Observatorium Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat.

Pengamatan hilal di Observatorium Bosscha ini dilaksanakan pada Rabu (22/3/2023) mulai sore hari hingga Bulan terbenam.

Hilal tersebut akan terlihat dengan ditandai penampakan sabit bulan setelah matahari terbenam.

"Kegiatan pengamatan bulan sabit oleh Observatorium Bosscha ditujukan untuk meneliti ambang visibilitas (kenampakan) bulan sebagai fungsi dari elongasi terhadap ketebalan sabit bulan, juga dalam rangka rukyatul hilal bulan Ramadan 1444 H," ungkap Kepala Observatorium Bosscha Premana W. Premadi melalui keterangan resmi yang dirilis, Selasa (21/3/2023).

Baca juga: BERITA FOTO: Koleksi Lawas Observatorium Bosscha, Ada Teleskop Generasi Pertama hingga Foto Astronom

Tim Observatorium Bosscha bakal melakukan pengamatan hilal menggunakan sebuah teleskop refraktor berdiameter 106 milimeter, teleskop itu dilengkapi dengan teknologi detektor kamera berbasis CMOS (Complementary Metal-Oxide Semiconductor).

"Citra yang ditangkap oleh kamera kemudian diproses menggunakan perangkat pengolahan citra untuk meningkatkan kualitas tampilan sabit bulan," katanya.

Observatorium Bosscha memamerkan koleksi lawas pada peringatan 100 tahun berdiri, Senin (30/1/2023).KOMPAS.COM/Bagus Puji Panuntun Observatorium Bosscha memamerkan koleksi lawas pada peringatan 100 tahun berdiri, Senin (30/1/2023).

Perangkat lunak pengolahan citra itu merupakan hasil dari pengembangan teknologi yang dilakukan secara mandiri oleh peneliti di Observatorium Bosscha.

Baca juga: 100 Tahun Observatorium Bosscha Bertahan dari Polusi Nyala Lampu Kota

Dari hasil pengamatan hilal yang dilakukan oleh tim Observatorium Bosscha ini nantinya akan diserahkan kepada Kementerian Agama (Kemenag) sebagai bahan untuk menentukan awal Ramadhan 1444 Hijriah.

"Tugas Observatorium Bosscha adalah menyampaikan hasil perhitungan, pengamatan, dan penelitian tentang hilal kepada unit pemerintah yang berwenang jika diperlukan sebagai masukan untuk sidang isbat," tutupnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com