Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BPK Rekomendasikan Ganti Lift Bekas GCC Tasikmalaya, Diberi Waktu Maksimal 60 Hari

Kompas.com - 12/05/2023, 21:50 WIB
Irwan Nugraha,
Reni Susanti

Tim Redaksi

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI telah merekomendasikan segera mengganti lift bekas yang dipasang di Gedung Creative Center (GCC) Kota Tasikmalaya, Jawa Barat.

Dalam laporan hasil pemeriksaan (LHP) BPK, dinas terkait diperintahkan untuk segera memproses ketidaksesuaian spesifikasi pekerjaan proyek tahun anggaran 2022 itu paling lama 60 hari.

“Betul direkomendasikan (BPK) untuk mengganti sesuai dengan spesifikasi dan itu diberikan waktu selama 60 hari," jelas Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Tasikmalaya H Asep Goparulloh kepada wartawan di kantornya, Jumat (12/5/2023).

Baca juga: Wagub Uu Periksa Lift Bekas di GCC Tasikmalaya, Pj Walkot Tunggu Hasil Teknis Dinas PUTR

"Jika tidak dilakukan penggantian sesuai dengan standar, maka dilakukan penyetoran penggantian uang ke kas daerah," tambah dia. 

Asep menambahkan, dua opsi rekomendasi BPK itu berlaku kepada penyedia jasa pengadaan lift oleh PT LAS di GCC dengan pagu anggaran Rp 720 juta.

Penggantian lift itu pun diwajibkan kepada rekanan untuk sesuai dengan spesifikasi dalam dokumen Harga Perkiraan Sendiri (HPS) LPSE Kota Tasikmalaya sebelumnya.

Baca juga: Luka Parah di Kepala, Kakek 85 Tahun di Tasikmalaya Ditemukan Tewas di Kebun

Selain itu, BPK meminta supaya dinas teknis lebih cermat dalam melakukan pengendalian kegiatan dan kontrak yang menjadi tanggungjawabnya.

Kemudian memerintahkan PPTK lebih cermat mengawasi teknis pelaksanaan pekerjaan yang menjadi tanggungjawabnya.

"Lama waktunya sudah ditetapkan sesuai rekomendasi BPK," tambahnya.

Sebelumnya, Sebelumnya, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mengekspos adanya temuan pemasangan lift bekas oleh pemborong pada pembangunan Gedung Creative Center (GCC) anggaran Provinsi Jawa Barat tahun 2022.

Pembangunan yang diinisiasi langsung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil itu dikerjakan oleh rekanan melalui proses pemenang lelang tahun lalu oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kota Tasikmalaya.

Bahkan, hasil temuan itu disampaikan oleh BPK di dalam forum yang dihadiri sejumlah pejabat daerah di wilayah Priangan Timur. 

"Itu langsung diperiksa langsung oleh BPK. Lift itu juga disebut merupakan lift bekas dari gedung Kimia Farma di Bandung. Itu disampaikan oleh BPK di dalam forum," jelas Ketua DPRD Kota Tasikmalaya, Aslim di kantornya, Rabu (10/5/2023).

Pembangunan GCC Kota Tasikmalaya ini menghabiskan anggaran Rp 20 miliar.

Rinciannya anggaran pertama Rp 5 miliar tahun 2019 dan dilanjutkan pada tahun 2022 sebesar Rp 15 miliar karena terkendala Pandemi Covid-19. (K74-12)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com