Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahfud MD: Utang Petani Rp 688 Miliar Akan Saya Hapuskan...

Kompas.com - 27/01/2024, 15:01 WIB
Irwan Nugraha,
Gloria Setyvani Putri

Tim Redaksi

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 3 Mahfud MD, berjanji akan menghapuskan seluruh utang para petani kepada Negara sejumlah Rp 688 miliar jika dirinya menang di Pilpres 2024.

Pernyataan Mahfud MD didampingi Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang, disampaikan langsung kepada seluruh pendukung Ganjar-Mahfud saat kampanye terbuka di Stadion Dadaha, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu (27/1/2024).

Baca juga: Pesulap Limbad Bagi-bagi Uang Saat Kampanye Terbuka Mahfud MD di Tasikmalaya, Warga Berebutan

"Sesuai yang saya sampaikan tadi, kami (Ganjar-Mahfud) akan berikan program untuk para petani, yakni Bangga Bertani. Seperti yang kita tahu, saat ini para petani sedang memiliki utang ke pemerintah (Negara) hampir Rp 688 miliar lebih. Nah, kami sudah menghitung, kalau kami menang itu akan kami tutup, akan dilunaskan, akan dihapus," jelas Mahfud kepada wartawan di Tasikmalaya, Sabtu siang.

Mahfud menambahkan, tentunya masyarakat akan bertanya-tanya dari mana uang untuk melunaskan utang para petani tersebut?

Nantinya, uang tersebut akan diambil dari hasil penanganan korupsi di Indonesia yang sudah merugikan negara dengan jumlah ratusan triliun Rupiah.

"Nah, kalau pertanyaannya uangnya dari mana? Korupsi itu bisa sampai ratusan triliun saat ini di Indonesia. Nah, kalau sekarang korupsinya bisa diberantas, masa kita tidak bisa menutup utang petani itu nantinya," tambah Mahfud.

Selama ini, tambah Mahfud, Tasikmalaya dan beberapa daerah sekitarnya memiliki banyak pembinaan beragama dengan sistem yang lebih bebas dan maju.

Sehingga, kesejahteraan para guru ngaji tentunya akan menjadi prioritas dirinya dan Ganjar Pranowo jika menang nanti di Pilpres 2024.

"Masyarakat Tasikmalaya yang saya dengar ada keinginan untuk hidup beragama dengan damai dan sebaik-baiknya. Karena kehidupan beragama itu akan membuat hidup lebih damai tanpa melupakan program-program pembangunan, program pusat. Nah kami Ganjar-Mahfud akan memfasilitasi kehidupan beragama," pungkasnya.

Baca juga: Mahfud MD Tegaskan Dirinya Pasti Mundur dari Menteri Kabinet Jokowi

Sebelumnya, cawapres nomor urut 3 Mahfud MD bersama Ketua Umum Hanura Oesman Sapta Odang, menghadiri kampanye terbuka bertajuk Harlah Hanura ke-17 di Stadion Dadaha, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu (27/1/2024).

Keduanya sempat membagi-bagikan hadiah Umroh dan lainnya ke masyarakat dengan melakukan pengundian.

Usai keduaya meninggalkan lokasi acara, pesulap Limbad, menjalankan aksinya dengan trik bagi-bagi uang dengan sulap di lipatan koran.

Kejadian itu pun menjadi sorotan Bawaslu Kota Tasikmalaya, yang langsung mengkaji kegiatan kampanye terbuka capres di wilayah Kota Tasikmalaya tersebut. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com