Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Perjuangan Ranti Melahirkan Anak Pertama, dari Jalan Rusak sampai Kondisi Fisik Lemah

Kompas.com - 04/03/2022, 11:25 WIB
M. Elgana Mubarokah,
Gloria Setyvani Putri

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Sebuah video yang memperlihatkan seorang ibu selesai melahirkan ditandu dengan kayu dan sarung melewati jalan rusak viral di media sosial.

Peristiwa itu terjadi di Kampung Cicendo, Desa Rancakole, Kecamatan Arjasari, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Adapun sang ibu yang ditandu bernama Ranti (22).

Perjuangan untuk melahirkan sang buah hati bukan hanya menghadapi jalanan yang rusak parah. Kondisi Ranti pun cukup memprihatinkan.

Menurut sang suami Dida Permana (33), Ranti pernah mengalami sakit panas kemudian step, menyebabkan tangan dan kaki sebelah kirinya sulit digerakkan hingga kini.

Baca juga: Ranti Ditandu dengan Kayu dan Sarung Lewati Jalan Rusak Usai Melahirkan, Ini Cerita Kerabat

Untuk berjalan dalam kondisi normal saja, kata Dida, sang istri cukup kesulitan. Apalagi dalam kondisi hamil.

"Kondisi istri saya itu (sulit jalan) sudah lama sejak usia 2 tahun, jadi dulu pernah sakit panas kemudian sempat step. Imbasnya ya sekarang, kaki sama tangannya susah digerakkin, jadi kalau disuruh jalan kan kasihan. Yang viral kemarin itu sebetulnya sesudah melahirkan, bukan sebelum. Jadinya ditandu pakai sarung dan kayu," katanya saat ditemui di kediamannya, Kamis (2/3/2022).

Kondisi jalan yang buruk membuat keadaan semakin parah. Ketika hujan, kata Dida, bukan hanya mobil yang sulit mengakses, sepeda motor yang notabene lebih kecil pun mengalami nasib serupa.

"Terus kondisi jalan juga licin, banyak lumpur, mobil enggak mungkin masuk, motor juga," ujarnya.

Meski demikian, Dida bersyukur, sang istri sehat setelah melahirkan. Demikian juga dengan putra pertamanya yang diberi nama Muhamad Al-Kahfi Rizki.

"Alhamdulilah sehat, anak saya laki-laki," tuturnya.

Sempat viral

Sementara itu, kerabat dari Ranti (22), Nova Novitasari (21), mengatakan terpaksa membuat video ketika Ranti ditandu sehabis bersalin.

Hal ini bukan tanpa alasan, Nova mengaku hanya ingin menyampaikan aspirasi bahwa akses menuju rumahnya masih jauh dari kata sempurna.

"Maaf ya bukan mau menjelekkan warga sini, atau ingin viral buat konten dan lainnya, ini supaya jalan di sini segera dibangun jadi lebih layak," ujarnya.

Kasus seperti Ranti, kata Nova, di daerahnya bukan kali pertama terjadi. Jauh sebelumnya, pernah ada warga yang sakit, dan harus mengalami hal yang sama.

"Waktu itu ada juga yang sakit, sampai dibuatin roda untuk membawanya ke rumah sakit," jelasnya.

Baca juga: Kisah RT di Kalimantan 4 Tahun Masih Berjuang Tolak Tambang Batu Bara yang Merugikan...

Nova mengaku, sejak dulu rata-rata yang melahirkan di Kampung Cicendo tidak menggunakan jasa bidan, tetapi jasa paraji (raji/dukun beranak).

"Biasanya bidannya yang sering datang ke rumah warga, kalau selesai melahirkan oleh paraji," ungkap Nova.

Nova berharap akses jalan di Kampung Cicendo, Desa Rancakole, Kecamatan Arjasari, Kabupaten Bandung, bisa segera diperbaiki supaya tak ada lagi kasus melahirkan atau sakit yang mengalami hal serupa.

"Mudah-mudahan segara diperbaiki akses jalannya, supaya enggak ada lagi hal serupa. Saya enggak maksud menjelekkan atau apa, cuma ingin supaya warga itu diperhatikan," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com