Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemkot Bandung Akan Bangun Patung BJ Habibie Senilai Rp 28 Miliar di Cibiru

Kompas.com - 11/03/2022, 19:58 WIB
Putra Prima Perdana,
Khairina

Tim Redaksi

 

BANDUNG, KOMPAS.com- Pemerintah Kota Bandung berencana membangun patung Presiden Indonesia ketiga BJ Habibie.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung Ema Sumarna menjelaskan, patung tersebut akan dipasang di Bunderan Cibiru yang akan sekaligus ditata.

"Yang mendesain yakni Nyoman Nuarta," kata Ema di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukencana Kota Bandung, Jumat (11/3/2022).

Baca juga: Korban Arisan Fiktif di Sumedang dan Kabupaten Bandung Meluas hingga Cianjur, Kerugian hingga Rp 21 M

Lebih lanjut Ema menjelaskan, patung BJ Habibie beserta patung pesawat akan dibuat dengan material tembaga yang menjadi ciri khas Nyoman Nuarta.

Jika dijumlah dengan nilai penataan Bunderan Cibiru, maka total anggaran untuk pembangunannya mencapai Rp 28 miliar.

"Anggarannya hampir Rp 28,5 miliar. Patung pesawat 15 meter tingginya. Kalo patung Bj Habibie tingginya 6 meter. Amphiteater. Bisa jadi tempat instagramable," jelasnya.

Pembangunan Bunderan Cibiru dan patung BJ Habibie rencananya akan dimulai tahun 2023 mendatang dan selesai pada masa kepemimpinan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung yang baru periode 2024-2029.

"2023 itu baru mulai DED-nya. Memang anggaran cukup fantastis karena nilai seni agak sulit diukur apalagi dengan material yang luar biasa," tuturnya.

Baca juga: Diduga Dibuang Orangtuanya, Mayat Bayi Ditemukan di Selokan Kabupaten Bandung

Ema menjelaskan, penataan Bunderan Cibiru dan pembangunan patung BJ Habibie beserta pesawat diharapkan bisa mengubah wajah Cibiru menjadi lebih indah.

"Diharapkan b isa mengubah bagaimana opini kesan kita pada kawasan yang saat ini, mohon maaf,image nya kesemerawutan. Makanya kami ingin tata termasuk oleh Pak Wali Kota dan kami sebagai staf," imbuhnya.

Ema menjelaskan, Patung B JHabibie dibangun sebagai bentuk penghormatan kepada almarhum yang berjasa untuk Indonesia.

"Beliau putra terbaik republik. Kami akan bangun patung Bj Habibi dan sudah izin ke putranya pak Ilham. Beliau apresiasi jika itu bisa terealisasi bahkan rencananya itu sebagai bapak dirgantara," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com