Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Bocah Disengat Tawon Vespa di Bandung Barat, Bermula Lempari Sarang Pakai Batu

Kompas.com - 04/07/2023, 20:34 WIB
Riska Farasonalia

Editor

KOMPAS.com - Tiga bocah tersengat tawon setelah melempari sarang tawon vespa yang menempel di rumah warga, Kampung Pos Kulon, RT 2/3, Desa Kertamulya, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat pada Senin (3/7/2023).

Sengatan tawon tersebut mengakibatkan wajah dan sebagian tubuh mereka mengalami bengkak hingga harus mendapat pengobatan medis.

Warga sekitar, Lutfi Erlan (43) mengatakan, kejadian itu bermula saat anak-anak bermain di sekitar lokasi kejadian.

Baca juga: 2 Warga Kuningan Disengat Tawon, Sarang Tawon Vespa Seukuran Galon Dievakuasi Damkar

Mereka kemudian melempari sarang tawon vespa yang menempel di salah satu rumah warga setempat.

"Jadi, awalnya ada sarang tawon yang dilemparin batu oleh anak-anak, akhirnya tawon keluar dan tiga orang anak terkena sengatan tawon," ujar dia, dikutip dari TribunJabar.id, Selasa (4/7/2023).

Setelah kejadian itu, pihaknya langsung meminta tolong ke petugas Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB untuk mengevakuasi sarang tawon tersebut karena dikhawatirkan ada korban lain yang terkena sengatan.

"Saya akhirnya melaporkannya kepada RT dan akhirnya memanggil bantuan petugas. Setelah itu langsung dilakukan evakuasi supaya tidak membahayakan," kata dia.

Sarang tawon dievakuasi

Petugas BPBD KBB, Rudi Wibiksana mengatakan, pihaknya memang mendapat laporan dari warga ada sarang tawon yang dilempari oleh anak-anak hingga tawon itu menyerang mereka.

"Tapi alhamdulillah anak-anak tersebut untuk saat ini sudah pulih. Kami menjinakkan puluhan tawon dengan cara penyemprotan menggunakan cairan kimia serta pengasapan," ucap dia.

Baca juga: Tersengat Saat Evakuasi Sarang Tawon Vespa, Anggota Damkar Sumbawa Dilarikan ke RS

Hanya saja, pihaknya sempat kesulitan menjinakkan tawon itu karena sarang tawon vespa tersebut sudah dalam kondisi pecah akibat dilempar batu oleh anak-anak.

"Tapi alhamdulillah kami tim reaksi cepat BPBD KBB, telah berhasil mengevakuasi satu sarang tawon dan menjinakkan tawon yang telah menyerang tiga anak itu," kata dia.

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Tiga Bocah di Bandung Barat Wajahnya Bengkak Tersengat Tawon Vespa Setelah Melempari Sarangnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com