Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DPW PSI Jabar Bakal Sanksi Pengurus DPD Cirebon yang Dukung Ganjar

Kompas.com - 29/09/2023, 16:07 WIB
Faqih Rohman Syafei,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PSI Jabar akan memberikan teguran atau Surat Peringatan Satu (SP 1) kepada kadernya di Cirebon yang mendeklarasikan dukungan untuk Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

"Saya sudah instruksikan sekretaris saya bikin SP 1 untuk pengurus DPD PSI Cirebon," ujar Ketua DPW PSI Jawa Barat Marshall saat dihubungi, Jumat (29/9/2023).

Marshall menyatakan, bahwa yang dilakukan oleh DPD PSI Cirebon bukan dukungan resmi terhadap salah satu bakal calon presiden melainkan hanya silaturahmi.

"Itu mereka (kader) cuma silaturahmi saja. Bukan deklarasi beneran ke relawan Ganjar Pranowo, ke relawannya Prabowo gitu sih," katanya.

Baca juga: DPD PSI Cirebon Deklarasi Dukung Ganjar Jadi Bakal Capres, Dahului Keputusan DPP

Ia menegaskan, sampai sejauh ini PSI Jabar belum memutuskan untuk mendukung salah satu capres dan cawapres. Pasalnya, belum ada instruksi dari DPP PSI.

"Kami ikut DPP, masih nunggu keputusan dari pusat," ucap Marshall.

"Saat ini lebih fokus ke legislatif. Jadinya soal capres dan cawapres kurang. Ikut gimana DPP saja," tambahnya.

Sebelumnya, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Cirebon, Jawa Barat, menyatakan mendukung Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden (capres).

Baca juga: Kaesang Jadi Ketum, LSI Denny JA: PSI Incar Jokowi Effect untuk Lolos ke Senayan

Ketua DPD PSI Kabupaten Cirebon Sunoko mengatakan, keputusan itu berdasarkan hasil rembuk rakyat yang dilakukan oleh pimpinan partai dari tingkat daerah hingga pusat pada 2022.

Saat rembuk rakyat yang digelar tahun lalu, memunculkan hanya satu nama untuk didukung sebagai capres, yakni Ganjar Pranowo.

"Hasil rembuk rakyat sebelum ramainya pendaftaran capres lewat partai yang akhirnya diumumkan, memutuskan Ganjar Pranowo sebagai capres oleh PSI. Saat itu rembuk rakyat yang dihadiri oleh seluruh kader tingkat daerah sampai pusat hanya memunculkan satu nama, Ganjar Pranowo sebagai capres," ujar Sunoko, Jumat (29/9/2023).

DPD PSI Kabupaten Cirebon juga telah mendatangi tim Relawan Ganjar Pranowo (RGP) di Cirebon, Kamis (28/9/2023) malam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com