Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suhu Majalengka Capai 39,4 Derajat Celsius, Meme "Planet Majalengka" Viral di Medsos

Kompas.com - 03/11/2023, 16:23 WIB
Muhamad Syahrial

Editor

KOMPAS.com - Berdasarkan data pemantauan 20 stasiun Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG di Indonesia, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat (Jabar), menjadi daerah terpanas di Indonesia dalam beberapa hari terakhir.

Bahkan, pada Minggu (29/10/2023), suhu di Majalengka mencapai 39,4 derajat Celcius, dan menjadi yang tertinggi selama musim kemarau tahun ini.

Panasnya suhu di Majalengka juga dikomentari oleh netizen. Bahkan kini muncul candaan di media sosial yang menyebut Majalengka adalah planet tersendiri yang letaknya lebih dekat dengan matahari dibanding Bumi.

Seperti meme yang diunggah salah satu akun Facebook. Meme itu memperlihatkan gambar "planet Majalengka" yang letaknya berdekatan dengan matahari.

"Jadi saya tinggal di planet Majalengka, pantas saja panas ya)," kata salah satu warganet yang mengomentari unggahan tersebut di Facebook, dikutip dari TribunCirebon.com.

Baca juga: Pra-rekonstruksi Kasus Subang, Jasad Tuti Ternyata Digotong Danu dan Kedua Anak Mimin

Penjelasan BMKG

Plt Kepala BMKG Kertajati Majalengka, Ahmad Faa Iziyn mengatakan, peningkatan suhu di wilayah Majalengka memang kerap terjadi tiap tahun, khususnya pada bulan September-November.

"Fenomena tersebut berpotensi terjadi hingga beberapa waktu ke depan, sehingga masyarakat diimbau selalu mewaspadai potensi peningkatan suhu udara Majalengka," kata Ahmad.

Ahmad pun mengingatkan agar masyarakat menjaga kesehatan di tengah tingginya suhu di Majalengka.

Salah satunya, dia menjelaskan, dengan mencukupi kebutuhan cairan tubuh, terutama bagi warga yang beraktivitas di luar ruangan pada siang hari.

Artikel ini telah tayang di TribunCirebon.com dengan judul "Heboh Meme Planet Majalengka Dekat Matahari Gegara Suhu Majalengka Terpanas se-Indonesia"

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com