Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ronal Surapradja Daftar Jadi Calon Wali Kota Bandung ke PDI-P

Kompas.com - 26/04/2024, 19:02 WIB
Putra Prima Perdana,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com- Artis dan komedian Ronal Surapradja, mendaftarkan diri sebagai bakal calon wali kota atau wakil wali kota Bandung untuk Pilkada Kota Bandung 2024 ke Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Jawa Barat, Jumat (26/4/2024) sore. 

"Saya datang ke DPD PDI Perjuangan Jawa barat dalam rangka mengembalikan berkas penjaringan untuk pimpinan atau kepala daerah di Kota Bandung. Jadi saya sudah mengisi berkas-berkasnya dan saya serahkan hari ini, " kata Ronal di Kantor DPD PDI-P Jawa Barat, Jalan Pelajar Pejuang, Kota Bandung, Jumat sore. 

Sebagai putra daerah, Ronal yang beken lewat acara Extravaganza, mengaku terpanggil untuk mengabdi sebagai kepala daerah di tanah kelahirannya. 

"Saya orang Bandung, saya lahir di Bandung, saya besar di Bandung, meskipun sekarang sedang bekerja di Jakarta, tapi tetap saya selalu bilang bahwa saya orang Bandung. Saya selalu bilang kepada diri saya bahwa harus ada satu fase dalam kehidupan berbakti, berbuat banyak untuk kampung halaman saya, " ungkapnya. 

Baca juga: Golkar Sebut Atalia Praratya Mundur dari Bursa Calon Wali Kota Bandung

Ronal memilih PDI-P sebgaai kendaraan politik karena memang telah menjadi kader dan sempat mencalonkan diri sebagai calon anggota DPR RI di dapil Kabupaten Garut. 

Untuk pencalonan di Pilkada Kota Bandung, Ronal mengaku didorong oleh beberapa rekan-rekannya di Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP  Kota Bandung.

Jika nantinya terpilih dalam proses penjaringan dan diusung oleh PDIP sebagai calon wali kota atau calon wakil wali kota pada Pilkada Kota Bandung, Ronal mengaku sudah siap baik secara moril dan materiil. 

"Ini mah kerja rereongan (bersama) seperti dengan sahabat-sahabat saya dari PAC Kota Bandung. Biaya akan diusahakan, tapi ini bukan kerja saya, saya mungkin orang yang dimajukan, tapi di belakang saya banyak orang yang membantu dan itu hal yang harus saya pertanggungjawabkan dan diperjuangkan, " tuturnya. 

Baca juga: Kualitas Udara di Kota Bandung Memburuk, Plh Wali Kota Bandung: Pengaruh Tumpukan Sampah

Sebagai salah satu kandidat pemimpin daerah, Ronal mengatakan PDIP memberikan lampu hijau untuk masing-masing calon termasuk dirinya untuk mulai bersosialisasi ke masyarakat, serta membuka komunikasi dengan partai lain untuk berkoalisi mengingat PDIP hanya memiliki 5 kursi di DPRD Kota Bandung. 

"Tentu saja bahwa yang namanya pilkada itu sedikit banyak terpengaruh oleh pilpres dan pileg yang kemarin. Jadi tentu harapan dari DPD PDIP Jawa Barat bahwa kader PDIP Jawa Barat bisa punya tempat di eksekutif, mau di kota ataupun di kabupaten, " tandasnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com