Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pj Gubernur Jabar Klaim 80 Persen Banjir di Bandung Selatan Sudah Ditangani

Kompas.com - 03/12/2023, 11:42 WIB
M. Elgana Mubarokah,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com- Penjabat Sementara Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin mengklaim banjir di Bandung Selatan sudah berkurang 80 persen. 

Proyek nasional penanganan banjir seperti folder air disebut telah difungsikan secara maksimal. 

"Saya barusan koordinasi dengan Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum dan memantau banjir di Bandung Selatan, cenderung sudah berkurang," ujarnya ditemui di sela-sela kunjungannya ke Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Minggu (3/12/2023). 

Baca juga: Soal Penanganan Banjir Bandung Selatan, Walhi: Pemerintah Perlu Bangun Kesadaran Masyarakat

Meski begitu, Bey menyebut bencana alam longsor di beberapa wilayah Jabar termasuk Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat (KBB) masih kerap terjadi. 

"Ada longsor juga di Cililin. Saya akan lihat ke sana. Kami juga sudah kirim alat berat ke Bupati KBB, lewat kepala Dinas Bina Marga pak Bambang," kata Bey.

Sementara Bupati Bandung Dadang Supriatna mengungkapkan pihaknya telah melakukan asesmen terkait banjir yang melanda wilayah Kabupaten Bandung. 

"Hari ini saya akan muter juga, kira-kira lokasi mana yang rawan yang harus kita bantu," terang dia ditemui di lokasi yang sama. 

Ia menyebut ada beberapa lokasi titik banjir yang memerlukan aksi langsung atau perhatian khusus. 

"Adanya pelebaran sungai di daerah Manjabal Soreang, termasuk di daerah Panyadap, Majalaya, dan Kertasari," kata Dadang. 

Baca juga: Cerita Warga Dipaksa Beradaptasi dengan Banjir Bandung Selatan

Dadang membenarkan wilayahnya masih rawan terhadap bencana longsor.

Ia mengklaim telah memerintahkan Kepala Dinas PUTR Kabupaten Bandung untuk segera menurunkan alat berat. 

"Soalnya Kertasari ini lahan yang kriatis longsor. Sehingga dari PUTR kemarin sudah mengerahkan alat berat dan SDM-nya untuk bisa membantu, sehingga tidak terganggu masalah lalu lintas akibat longsor," terang dia. 

Dadang mengatakan, akan segera melakukan rapat koordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung menyoal potensi bencana yang tengah dihadapi Kabupaten Bandung. 

"Sore kita akan rapat dengan BPBD dan dinas terkait, putr dan para camat. Apakah nanti kita akan dorong kondisi darurat atau kondisi mendesak. Kita akan dorong percepatan pembangunannya," ungkap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com