Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dampak Longsor, PT KAI Daop 3 Cirebon Ubah Pola Operasi

Kompas.com - 04/12/2023, 14:30 WIB
Muhamad Syahri Romdhon,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

CIREBON, KOMPAS.com - Manajer Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Rokhmat Makin Zainul, menyebut sejumlah rangkaian kereta api yang melintas wilayah Daop 3 Cirebon terdampak musibah longsor di KM 340+100 antara Stasiun Karanggandul-Karangsari wilayah Daop 5 Purwokerto.

"Sejak pagi hingga saat ini, sementara ada sekitar delapan rangkaian kereta api yang terdampak di wilayah Daop 3 Cirebon," kata Rokhmat di stasiun Cirebon, Senin (4/12/2023).

Rokhmat menyampaikan PT KAI Daop 3 Cirebon mengucapkan permohonan maaf atas gangguan perjalanan kereta api yang terdampak cuaca buruk dan menyebabkan jalur KA yang ada di wilayah Daop 5 Purwokerto sementara tidak dapat dilalui.

Baca juga: Bersihkan Longsor yang Tutup Rel di Banyumas, KAI Terjunkan Alat Berat

Saat ini, tambah Rokhmat, petugas KAI terus melakukan normalisasi jalur tersebut. Pihaknya juga melakukan beberapa langkah salah satunya melakukan perubahan pola operasi perjalanan dengan cara pengalihan memutar.

Rokhmat menerangkan, kereta api yang terdampak pertama adalah rangkaian Kereta Api Ranggajati.

Pagi tadi, kereta bergerak melalui Semarang-Gundih-Solo dan lanjut ke tujuan akhir Jember. Kali ini, kereta api Ranggajati tidak melintas Purwokerto karena longsor.

Pola yang sama juga diterapkan untuk beberapa rangkaian KA dari arah ibukota Jakarta dengan tujuan Surabaya atau Solo atau Yogyakarta.

Beberapa di antaranya adalah KA Fajar Utama Solo, KA Argo Semeru, dan lainnya. Keduanya harus memutar lewat jalur utara Semarang-Gundih-Solo.

Baca juga: Imbas Longsor di Banyumas, Sejumlah Kereta Api dari Daop 6 Yogyakarta Dialihkan Jalurnya

Pola tersebut juga berlaku bagi rangkaian kereta dari arah sebaliknya, yakni kereta dari arah dari Yogyakarta dengan tujuan Jakarta.

Kereta api akan memutar lewat Kroya menuju Bandung lalu Cikampek, dilanjutkan ke Jakarta.

Melalui keterangan tertulisnya, Rokhmat menambahkan, KAI berkomitmen menjaga keselamatan perjalanan kereta api.

Masyarakat yang membutuhkan informasi terkait perjalanan dan pelayanan KA dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial @KAI121.

Seperti diberitakan sebelumnya, kejadian musibah longsoran terjadi pada Senin dini hari di KM 340+100 antara Stasiun Karanggandul-Karangsari wilayah Daop 5 Purwokerto.

Hal ini terjadi karena curah hujan yang tinggi sehingga mengakibatkan jalur KA baik hulu-hilir di wilayah tersebut untuk sementara tidak dapat dilintasi. PT KAI melakukan penanganan dan pola pola operasi di beberapa stasiun terdampak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com