Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan dari Cianjur ke Puncak Ditutup pada Malam Pergantian Tahun

Kompas.com - 21/12/2023, 17:38 WIB
Teuku Muhammad Valdy Arief

Editor

KOMPAS.com-Polisi menutup jalur menuju Puncak mulai dari Tugu Lampu Gentur, By Pass Cianjur, saat malam pergantian tahun, mulai Minggu (31/12/2023) 18.00 WIB sampai Senin (1/1/2024) 06.00 WIB.

Arus kendaraan akan dialihkan ke jalur alternatif Jonggol dan Sukabumi.

Kepala Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Cianjur Ajun Komisaris Polisi Adhi Prasidya mengatakan, pengalihan arus lalu lintas juga dilakukan di Jalan Raya Ciloto Puncak.

Baca juga: Polisi Terapkan Malam Tanpa Kendaraan pada Pergantian Tahun di Jalur Puncak Bogor

Dengan adanya penutupan ini tidak akan ada kendaraan yang melintas di kawasan Puncak Pass pada malam pergantian tahun.

"Penutupan dilakukan tanggal 31 Desember 2023 sampai dengan tanggal 1 Januari 2024. Kendaraan yang dapat melintas dari Cianjur hanya warga lokal tujuan Cugenang, Cipanas, Pacet dan Sukaresmi dengan menunjukkan KTP," kata Adhi di Cianjur, Kamis (21/12/2023), seperti dilansir Antara.

Selama penutupan berlangsung, jelas Adhi, kendaraan dengan tujuan Bogor, Jakarta dan seterusnya akan dialihkan ke jalur alternatif Jonggol dan Sukabumi, sebagai upaya mencegah terjadinya macet total saat malam pergantian tahun.

Penutupan dilakukan sebagai upaya menunjang penerapan malam bebas kendaraan agar tidak terjadi antrean panjang kendaraan dengan laju terhenti total hingga berjam-jam.

"Rekayasa arus diberlakukan menjelang penutupan jalur menuju kawasan Puncak dari Cianjur, termasuk rekayasa di sepanjang jalur protokol Cianjur agar tidak terjadi macet total pada malam pergantian tahun," katanya.

Baca juga: Korban Kecelakaan Jalur Gekbrong Cianjur Bertambah, 2 Tewas dan 8 Luka-luka

Bagi masyarakat yang hendak merayakan malam pergantian tahun di kawasan Puncak dapat melintas sebelum pukul 18.00 WIB.

"Silakan yang ingin merayakan malam pergantian tahun di kawasan Puncak-Cipanas berangkat lebih awal sebelum diberlakukan penutupan," katanya.

Pengendara yang hendak melintas di jalur utama Cianjur saat malam pergantian tahun diimbau tetap berhati-hati serta mematuhi aturan berlalu lintas termasuk mendengarkan anjuran dari petugas agar tidak terjebak macet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com