Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahfud MD Mundur, Airlangga Hartarto: Kabinet Masih Sangat Solid

Kompas.com - 31/01/2024, 19:32 WIB
Farida Farhan,
Reni Susanti

Tim Redaksi

KARAWANG, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto menanggapi pengunduran diri Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD.

"Untuk Pak Mahfud saya ucapkan, ya semoga dengan pilihan politik Pak Mahfud itu mencapai apa yang diharapkan oleh Pak Mahfud," ujar Airlangga usai acara konsolidasi relawan Serikat Pekerja Nusantara di Gedung Bintang Maruli, Karawang, Jawa Barat, Rabu (31/1/2024).

Airlangga juga memastikan kabinet masih solid. Para menteri masih bekerja dan menjalankan program yang diarahkan Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi.

Baca juga: Mahfud Mundur dari Menko Polhukam, Puan: Alhamdulillah, Berkomitmen

"Kedua terkait dengan kabinet masih sangat solid. Karena saya dengan berbagai menteri di kabinet sampai saat sekarang juga kita masih bekerja dan seluruhnya dengan arahan Bapak Presiden (Joko Widodo), berbagai program terus kita jaga," kata Airlangga.

Karenanya ia memastikan pemerintahan masih terus berjalan dan masih bekerja untuk rakyat. Menanggapi desas-desus ada menteri yang akan menyusul Mahfud MD untuk mundur, Airlangga menjawab singkat.

"Sampai saat sekarang belum ada," tutur Airlangga.

Baca juga: Mahfud Ingin Mundur Baik-baik dari Menteri Jokowi, Soroti soal Etika

Diberitakan sebelumnya, Menko Polhukam Mahfud MD mengaku sudah mulai mengemas barang pribadinya dari rumah dinas setelah memutuskan akan mundur dari jabatannya.

Mahfud mengaku sudah siap meninggalkan rumah dinas dan menanggalkan fasilitas negara yang selama ini melekat pada dirinya.

Calon wakil presiden nomor urut 3 itu menuturkan, keputusannya mundur telah dibicarakan dengan partai politik pengusung dan Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud.

Menurut Mahfud, pendukungnya sepakat bahwa keputusan mundur dari posisi pejabat negara merupakan langkah yang bijak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com