Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diungkap, "Kunci Sukses" Kota Tasikmalaya Raih Adipura

Kompas.com - 07/03/2024, 09:51 WIB
Irwan Nugraha,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, meraih sertifikat Adipura dalam Penganugerahan Penghargaan Adipura Tahun 2023 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (KLHK).

Optimalisasi dalam mengelola ruang terbuka hijau seperti Komplek Olahraga Dadaha di pusat perkotaan, menjadi salah satu kunci sukses kota ini meraih Adipura.

Selain itu, pengelolaan sampah pun menjadi perhatian karena Tasikmalaya dinilai mampu mengolah sampah organik menjadi magot atau larva sampah yang bernilai jual.

"Kemarin saya mendapatkan penghargaan Adipura. Langsung diberikan oleh Pak Wapres. Itu persembahan buat warga Kota Tasikmalaya," kata Penjabat Wali Kota Tasikmalaya Cheka Virgowansyah, Kamis (7/3/2024).

Baca juga: Bisa Tekan Jumlah Sampah Masuk TPA, Ciamis Raih Adipura Kencana

Menurut Cheka, Wakil Presiden Ma'ruf Amin sempat menyinggung soal permasalahan sampah yang merupakan salah satu perhatian utama Pemerintah.

Target kebijakan strategi nasional yakni target pengurangan sampah 30 persen, dan penanganan sampah sebanyak 70 persen. Serta menargetkan nol sampah nol emisi di tahun 2050.

Selama ini, penilaian Adipura dilakukan dengan berbasis pada sistem dan data sehingga dapat menjadi instrumen yang efektif dalam mendorong terciptanya kualitas lingkungan hidup yang bersih, teduh dan berkelanjutan.

Anugerah Adipura diberikan kepada 172 kepala daerah. Pelaksanaan Program Adipura 2023 dilaksanakan terhadap 259 Kabupaten/Kota atau sebanyak 50,3 persen dari 514 kabupaten/kota di Indonesia.

Baca juga: 5 Kota Sabet Adipura Kencana 2023, Ini Daftarnya

"Ini juga hasil sinergitas Pemerintah dan masyarakat Kota Tasikmalaya," kata Wali Kota.

Cheka berterimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada semua pihak. Khususnya Satgas Tasik Resik, perangkat daerah, stakeholder terkait dan seluruh masyarakat.

Selama ini telah bekerja keras bahu membahu dalam upaya pengelolaan sampah di Kota Tasikmalaya.

"Pengelolaan sampah merupakan salah satu dari lima indikator kinerja tematik Pemerintah Kota Tasikmalaya di tahun 2024," sambung dia.

Cheka mengatakan, tantangan ke depan yakni mempertahankan capaian ini, bahkan meningkatkannya dengan mencapai piala Adipura atau anugerah Adipura Kencana.

"Kita akan terus bekerja dengan meningkatkan koordinasi ke wilayah melalui camat dan lurah," tegas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com