Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebakaran Hebat Gudang Busa di Cirebon, Pasutri Pemilik Usaha "Shock" hingga Dipapah Petugas

Kompas.com - 09/03/2024, 22:39 WIB
Muhamad Syahri Romdhon,
Aloysius Gonsaga AE

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kebakaran hebat melanda gudang penyimpanan busa di Kelurahan Watubelah, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (9/3/2024) malam.

Bahan yang mudah terbakar membuat api merambat dan membakar lantai dua rumah korban. Pasutri pemilik rumah shock hingga dipapah petugas.

Visual amatir warga yang menyebar di media sosial, memperlihatkan kebakaran hebat membakar sebuah gudang busa. Kobaran api membumbung tinggi melumat tumpukan busa hingga ludes seketika.

Baca juga: Pasien RS Harapan Bunda Berhamburan ke Jalanan Imbas Kebakaran di Ruang Server

Asap tebal yang membumbung tinggi juga membuat warga sekitar panik berhamburan. Mereka takut api yang sangat besar ini merambat ke rumah warga di sisi kanan-kiri.

Satu lokal gudang yang berisi penuh busa untuk bahan dalam kasur, habis tak tersisa. Bahkan, bahan yang mudah terbakar ini membuat api cepat merambat ke lantai dua yang merupakan rumah pemilik.

Kepala Bidang Pemadaman dan Penyelamatan, Damkar Kabupaten Cirebon, Eno Sudjana, menyebut, setelah mendapat laporan dirinya menerjunkan tim terdekat dari Pos Sumber.

Kobaran api yang membesar membuat petugas menerjunkan tim dari tiga pos lainnya.

"Kita langsung turunkan sejumlah mobil pemadam dari empat pos, yakni Pos Sumber, Pos Weru, Gunung Jati, dan Palimanan."

"Kami maksimalkan pemadaman cepat karena api sangat besar, agar tidak merambat ke rumah lain," kata Eno saat ditemui Kompas.com di lokasi.

Baca juga: Dampak Kebakaran Merbabu, Salatiga dan Semarang Rawan Banjir

Eno menyebut, proses pemadaman sempat berlangsung dramatis lantaran petugas fokus di titik gudang dan juga lantai dua, yang keduanya sudah membesar. Satu tim fokus di lantai dua menggunakan tangga.

Akhirnya, proses pemadaman berhasil dilakukan tim dalam waktu sekitar 60 menit. Rumah warga yang berada di sisi kanan kiri titik kebakaran berhasil diselamatkan.

Pantauan Kompas.com di lokasi, Tim Unit Identifikasi Satreskrim Polresta Cirebon juga langsung diterjunkan ke lokasi. Mereka melakukan olah TKP untuk mengungkap penyebab terjadinya kebakaran.

Pasangan suami istri yang merupakan pemilik gudang dan rumah ini tampak shock. Keduanya terus menangis dan berusaha diselamatkan petugas dari kebakaran api dengan cara dipapah.

Belum diketahui kerugian yang ditanggung korban.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com